PENGELOLAAN INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT MENUJU RESEARCH COLLEGE DAN PERGURUAN TINGGI BERKUALITAS INTERNASIONAL
Abstract
Abstrak:
Knowledge management merupakan mengakses, mengevaluasi, memanage, mengorganisir, memfilter dan mendistribusikan informasi dengan tujuan bahwa hal tersebut berguna bagi end user. Knowledge management ini dapat diimplementasikan di organisasi apa saja. Adanya knowledge manajemen karena:
(1)Dapat memudahkan organisasi mengetahui kebutuhan masyarakat; (2) Dapat mengevaluasi kinerja organisasi dan anggota; (3) Dapat bersaing dengan organisasi lainnya; dan (4) Menciptakan suatu pengetahuan yang baru atau inovasi baru untuk organisasi. Knowledge management juga dapat diimplementasikan pada pusat informasi atau perpustakaan. Perpustakaan adalah salah satu organisasi sumber belajar yang menyimpan, mengelola, dan memberikan layanan bahan pustaka, baik buku maupun non buku karena perpustakaan merupakan tempat informasi atau pengetahuan yang disediakan untuk semua orang dan semua kalangan. Penggunaan teknologi sebagai alat untuk menyampaikan pengetahuan dan informasi sangat diperlukan. Dan perpustakaan harus mengikuti perkembangan yang telah terjadi dikalangan masyarakat serta mahasiswa, dosen, dan pengguna (user) lainnya.
Kata Kunci : Konsep Knowledge Management, Teknologi Informasi, Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 173 timesPDF - 964 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.