PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA YANG MASUK MELALUI JALUR SNMPTN DAN JALUR UMB PADA MATAKULIAH KALKULUS II DI JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIMED
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN dan jalur UMB di program studi pendidikan matematika Unimed pada matakuliah Kalkulus II. Model pembelajaran yang diterapkan pada kedua kelompok mahasiswa sama yaitu model pembelajaran kooperatif dengan tipe pembelajaran berbasis masalah, dan dosen yang mengajar pada kedua kelompok mahasiswa ini adalah sama yaitu peneliti sendiri. Hasil belajar dalam hal ini adalah hasil belajar yang diperoleh kedua kelompok mahasiswa pada akhir semester. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN adalah 67,22 dengan simpangan baku 5,91 dan rata-rata hasil belajar kelompok mahasiswa yang masuk melalui jalur UMB adalah 67,89 dengan simpangan baku 9,32. Setelah dilakukan pengujian terhadap data ini disimpulkan bahwa hasil belajar kedua kelompok mahasiswa ini tidak berbeda secara signifikan. Tidak berbedanya hasil belajar kedua kelompok ini mengindikasikan bahwa kemampuan mahasiswa relatif sama. Oleh karena itu tidak diperlukan perlakuan khusus bagi kelompok mahasiswa tertentu baik jalur SNMPTN dan jalur UMB untuk meningkat hasil belajar.
Kata Kunci: Mahasiswa, Jalur SNMPTN, Jalur UMB, Hasil Kuliah, Kalkulus II
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 143 timesPDF - 165 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.