PENINGKATAN MEMBACA NOTASI MUSIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN METODE TALKING STICK
Abstract
Metode Pembelajaran Talking Stick termasuk salah satu metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran dengan metode talking stick mendorong peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat. Disimpulkan bahwa metode talking stick adalah metode pembelajaran kooperatif yang dirancang dalam bentuk permainan dengan mengguna-kan tongkat yang bertujuan mendorong peserta didik untuk berani mengungkapkan pendapat. Discovery adalah proses pembelajaran yang menitik beratkan pada mental intelektual para peserta didik dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi, sehingga menemukan suatu konsep atau generalisasi yang dapat diterapkan di lapangan. Discovery strategy juga merupakan salah satu metode yang memungkinkan para anak didik terlibat langsung dalam kegiatan belajar-mengajar, sehingga mampu menggunakan proses mentalnya untuk menemukan suatu konsep atau teori yang dipelajari. Dengan model pembelajaran discovery tersebut, konsep-konsep yang dibangun melalui pemikiran peserta didik sendiri lebih bermakna dan bertahan lama.
Kata kunci : Model Pembelajaran Discovery, Metode Talking Stick
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 143 timesPDF - 262 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.