PENERAPAN MODEL KOOPERATIVE TYPE TIPE TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP

YASIFATI HIA, MUHAMMAD SHAOQI SIREGAR

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Subjek siswa Kelas VIII-2 SMP Swasta Eria Medan yang berjumlah 35 orang Tahun Ajaran 2013/2014. Objek penelitian adalah kemampuan komunikasi matematik siswa melalui Penerapan Model pembelajaran think-talk-write (TTW) pada materi Teorema Phytagoras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Model TTW pada materi Teorema Phytagoras dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Hal ini dilihat dari hasil sebelum tindakan diberikan, pada pemberian tes awal dari 35 siswa hanya sebanyak 12 siswa (34,28%) yang mencapai nilai ³65 dengan nilai rata-rata kelas 50. Setelah diberi tindakan, Tes Kemampuan Komunikasi Matematik I pada siklus I, dari 35 siswa sebanyak 19 siswa (54,28%) mencapai nilai  65 dengan nilai rata-rata kelas 65,58. Dari analisis data Tes Kemampuan Komunikasi Matematik II pada siklus II diperoleh bahwa dari 35 siswa terdapat 32 siswa (91,42%) yang mencapai nilai  65 dengan nilai rata-rata kelas 77,12. Dari hasil observasi, pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus I, termasuk kategori baik dengan skor 3,38 dan pada siklus II, kemampuan mengelola pembelajaran termasuk kategori sangat baik dengan skor 3,52. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan komunikasi matematik siswa.

Kata Kunci: Komunikasi Matematik, Peningkatan Komunikasi Matematik.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 143 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.