PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Abstract
Hasil penelitian sebelum pemberian tindakan diperoleh nilai rata-rata mahasiswa sebesar 32 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 15%. Setelah pemberian tindakan pengajaran dengan model pembelajaran ATI diperoleh rata-rata tes hasil belajar I mencapai 59,5 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 42,5%. Karena hasil yang diperoleh untuk pembelajaran secara klasikal belum memenuhi nilai ketuntasan, maka dilanjutkan pada siklus II dengan upaya- upaya yang telah disebutkan di atas. Nilai rata-rata pada tes hasil belajar II mencapai 74,25 dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal mencapai 85%. Ini berarti menujukkan bahwa model pembelajaran ATI dapat mengatasi kesulitan belajar siswa sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran ATI, Hasil Belajar
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 200 timesPDF - 468 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.