KEMAMPUAN MEMBACA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KREATIVITAS SISWA
Abstract
Masalah kreativitas dan bagaimana menjadi kreatif, telah menjadi persoalan mendesak dan sangat penting. Materi pengajaran sebagai bagian dari perangkat pendidikan, secara konsekuen harus difungsikan dalam pengembangan kreativitas siswa. Suatu teks bacaan sebagai bagian integral materi pelajaran di sekolah, adalah sebagai suatu produk kreatif secara fungsional diyakini akan dapat mengembangkan potensi kreativitas siswa karena sesuai dengan sifatnya yang berisikan pesan dapat mengembangkan imaginasi seseorang, maka pesan-pesan sesungguhnya berperan untuk membentuk dasar-dasar kreativitas. Membaca adalah suatu proses yang dilakukan dan dipergunakan untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan melalui media kata-kata dan dengan membaca seseorang dapat meningkatkan intelektualitas dalam memahami dan menghimpun ilmu sebagai suatu produk yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dengan demikian akan memunculkan kreativitas yang andal.
Kata kunci: Kreativitas, Materi pengajaran, Teks bacaan, Membaca
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 88 timesPDF - 64 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.