PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR–DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 PAHAE JULU TP 2014 / 2015

HIKMAH ZALILAH MANALU, ROSNELLI ROSNELLI

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memahami dasar – dasar elektronika dengan pokok bahasan komponen elektronika pasif melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head  Together.  Subjek  dalam  penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Pahae Julu sebanyak 28 orang.Dari analisis data setelah diberikan tindakan I (siklus I) diperoleh 19 dari 28 orang siswa (67,86 %) mencapai ketuntasan belajar dan 9 dari 28 orang siswa (32,14%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 71,96. Pada siklus ini ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai. Dari analisis data setelah diberikan tindakan II (siklus II) diperoleh 24 dari 28 orang siswa (85,71%)mencapai ketuntasan belajar dan 4 dari 28 orang siswa (14,29%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 79,46. Pada siklus ini ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memahami dasar–dasar elektronika dengan pokok bahasan komponen elektronika pasif di kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 1 Pahae Julu. Maka disarankan untuk menerapkan model kooperatif tipe numbered head together  sebagai salah  satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar memahami dasar – dasar elektronika.

 

Kata kunci : Numbered Head Together, Dasar- Dasar Elektronika


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF - 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.