IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN RANAH MOTORIK MODEL TWI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPOTENSI PEMBELAJARAN MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X TITL A SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

JUAKSA MANURUNG, JASELTON JASELTON

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan Strategi Pembelajaran ranah motorik model TWI dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa pada kompetensi Memahami Pengukuran Komponen Elektronika pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik A di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik A di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam sebanyak 30 orang. Hasil analisis statistik diskriptif menunjukkan bahwa pembelajaran praktik pengukuran komponen elektronika yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ranah motorik model TWI adalah memperoleh persentase rata-rata skor klasikal sebesar 77.03 % pada siklus I. Pada siklus II adalah revisi dari proses pembelajaran siklus I dan persentase rata-rata skor klasikal meningkat menjadi 83.44 %. Hasil dari penelitian PTK ini menunjukkan bahwa (a) strategi pembelajaran ranah motorik model TWI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan ranah psikomotor, (b) strategi pembelajaran ranah motorik model TWI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

 

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Ranah Motorik, dan Strategi Pembelajaran Ranah Motorik Model TWI.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 950 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.