ANALISIS FOTO JURNALISTIK PADA HARIAN ANALISA DITINJAU DARI ASPEK ESTETIKA

Farida Deliyanti. T dan Fuad Erdansyah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek estetika yang diterapkan pada foto-foto jurnalistik dalam rubrik foto pada harian Analisa dengan asek penilaian estetika yaitu komposisi,pencahayaan, ketajaman dan irama dalam fotografi.

Populasi yang ada dalam penelitian ini adalah sebanyak 29 foto yang terdapat dalam rubrik foto di Harian Analisa yang terbit pada bulan September 2012. Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 14 foto dalam dua kali penerbitan di bulan September 2012. Sampel yang diambil dengan teknik purposive sample yaitu sampel yang dibutuhkan sudah mewakili atau sesuai dengan data-data yang dibutuhkan (muatan, komposisi, pencahayaan, ketajaman, dan irama). Data-data yang berupa sampel foto yang akan di analisis selanjutnya akan di nilai oleh para apresiator yaitu dosen fotografi untuk dilihat tingkat keberhasilan dari karya tersebut dengan melihat aspek estetika seperti komposisi, pencahayaan, ketajaman, dan irama.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Hal ini untuk mengetahui penerapan aspek estetika yang terdapat dalam rubrik foto di Harian Analisa.

Hasil penilaian dari apresiator menunjukkan bahwa dari aspek komposisi 14 karya tersebut digolongkan ke dalam kategori sangat baik 21% ,  kategori baik 50% , dan 29% kategori cukup baik. Dari pencahayaan kategori sangat baik berjumlah 15%, kategori baik 65% dan 21% masuk ke kategori cukup baik. Dari aspek ketajaman pada kategori baik bejumlah 85%, dan kategori cukup baik berjumlah 15%. Dan dari aspek irama pada kategori sangat baik 15%, kategori baik 70% dan kategori cukup baik 15%. Berdasarka tema dari 14 foto yang terbit dalam rubrik foto di Harian Analisa yang paling banyak adalah tema Art and Culture berjumlah 10 foto (70%), dengan tema Daily Life berjumlah 3 foto (21%), dan dengan tema Portrait berjumlah 1 foto (7%). Secara keseluruhan foto jurnalistik pada Harian Analisa, ditinjau dari aspek estetika mencapai kategori baik.

Kata Kunci: Fotografi, Foto Jurnalistik, Estetika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v1i3.1061

Article Metrics

Abstract view : 467 times
PDF - 0 times

Copyright (c) 2013 Farida Deliyanti. T dan Fuad Erdansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License