PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KERAJINAN KERAMIK SISWA KELAS VII SMP SWASTA PAB 5 PATUMBAK KABUPATEN DELI SERDANG T.P 2011/2012

Desi Mayanti Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar kerajinan keramik siswa SMP Swasta PAB 5 Patumbak.

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen (eksperimen semu). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP PAB 5 Patumbak T.P 2011/2012, dengan populasi sebanyak 193 orang (5 kelas), sedangkan sampela penelitian ini berjumlah 76 orang (2 kelas) yang diambil dengan teknik cluster random sampling.

Data penelitian diperoleh dengan teknik tes, berupa tes perbuatan. Tes perbuatan dilakukan untuk memperoleh untuk memperoleh data kemampuan membuat kerajinan keramik. Tes dibuat hanya 1 (satu) buah soal dalam bentuk essay yang diaplikasikan dalam bentuk perlakuan membuat kerajinan keramik. Analisis data dilakukan dengan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan teknik Lilliefors, uji homogenitas dengan cara Barlett dan uji hipotesis dengan uji t.

Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kerajinan keramik yang diajar dengan metode pembelajaran inkuiri dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional, (2) hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar  dengan metode konvensional dalam materi pembelajaran kerajinan keramik.

Kata Kunci : Inkuiri, hasil belajar, kerajinan keramik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v1i1.175

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF - 3 times

Copyright (c) 2012 Desi Mayanti Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License