EKSISTENSI JANGKOI DALAM KARYA SENI GRAFIS

Repi Justian, Yuniarti Munaf, Dharsono Dharsono

Abstract


Abstrak

Jangkoi merupakan benda budaya yang masih hidup dan berkembang pada masyarakat Kerinci dari tempo dulu. Jangkoi yaitu alat untuk mengangkut padi saat sudah dituai. Jangkoi pada zaman dahulunya sangat mudah ditemukan di daerah Kerinci, karena benda ini banyak diproduksi para pengrajin, pada umumnya benda ini digunakan penduduk Kerinci yang mata pencaharianya sebagai petani, sehingga dahulunya perkembangan benda budaya ini di tengah-tengah masyarakat Kerinci. Jangkoi saat ini keberadaannya terkesampingkan oleh perkembangan zaman, benda ini dahulunya dekat dengan masyarakat namun sekarang sudah mulai menghilang dan tidak difungsikan lagi karena zaman sudah modren alat-alat tranportasi sangat terjangkau maka dari hal ini lah para petani lebih memakai alat yang lebih efisien dan lebih praktis seperti kendaraan bermotor, gerobak dorong dan lain-lain. Maka dari hal tersebutlah timbul rasa prihatin dan sedih pengkarya bahwa keberadaan benda budaya ini semakin tertinggalkan dan tergilas oleh perkembangan zaman. Metode yang digunakan dalam penciptaan melalui beberapa tahapan sistematis yakni tahap observasi, data lapangan, eksperimen, perenungan dan pembentukan. Dari tahapan tersebut diperoleh bentuk simbol personal. Simbol yang hadir berbagai macam bentuk visualny mengikuti ekspresi perasaan pengkarya terhadap karya itu sendiri. Karya ini digarap menggunakan teknik grafis konvensional yakni cetak tinggi (reliefprint) namun pewarnaannya menggunakan handcolouring, maka pada karya ini ialah mixmedium

Kata Kunci: jangkoi, subjek matter, seni grafis.

Abstract

Jangkoi is a cultural object that is still alive and well in the Kerinci community from the past. "Jangkoi" is a tool for transporting rice when it is harvested. Jangkoi in the past was very easy to find in the Kerinci area, because these objects were produced by many craftsmen, in general these objects were used by Kerinci residents whose livelihoods were farmers, so that in the past the development of this cultural object was in the midst of the Kerinci community. Jangkoi is currently being sidelined by the times, this object used to be close to the community but now it has begun to disappear and is no longer functional because of the modern times, the means of transportation are very affordable, so from this, farmers use more efficient and more efficient tools. more practical, such as motorized vehicles, wheelbarrows and others. So from this there arises a sense of concern and sorrow for the workers that the existence of these cultural objects is increasingly being abandoned and crushed by the times. The method used in creation goes through several systematic stages, namely the observation, field data, experiment, reflection and formation stages. From this stage, a personal symbol is obtained. The symbols present in various visual forms follow the expression of the writer's feelings towards the work itself. This work was produced using conventional graphic techniques, namely high print (relief print), but the coloring uses hand-coloring, so in this work is mix medium.

Keywords: jangkoi, subject matter, graphic arts.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v9i2.19951

Article Metrics

Abstract view : 309 times
PDF - 361 times

Copyright (c) 2020 Repi Justian, Yuniarti Munaf, Dharsono Dharsono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License