Cover Image

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PENGENALAN TOOLS DAN DESAIN BUSANA PESTA MENGGUNAKAN APLIKASI IBIS PAINT X

Futri Handayani, Ernawati Ernawati

Abstract


This research is motivated by the rapid development of digital technology in human life. Including the world of education, Vocational Schools (Vocational Schools) for Fashion in keeping up with technological developments studying digital design using the Ibis Paint X application. However, there are still many teachers who are not proficient in using the Ibis Paint expertise in operating the application is still limited. As a study program whose graduates are prepared to become vocational school teachers, it is necessary to add material to the Fashion Computer Applications course. The aim of this research is to describe the results of the validity and practicality of video tutorials on introducing tools and designing party clothing using the Ibis Paint The method used in this research is Research and Development (R&D), the development model used is the Alessi & Trollip (2001) approach. The results of video validation tests by media experts show that the video has a very high level of validity. Likewise with the results of video validation by material experts, which shows a very high level of validity. Furthermore, the results of practicality tests by lecturers and students show that this video tutorial can be applied effectively in learning. The results of practicality tests by students in small and large groups show that this tutorial video is very practical to use in learning. Based on these findings, this video tutorial is recommended as an effective learning medium in the Fashion Computer Applications course in the PKK Undergraduate Fashion Design Study Program, FPP UNP.

Keywords: video tutorial, ibis paint X

 

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi digital didalam kehidupan manusia. Termasuk dunia pendidikan, SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Tata Busana dalam mengimbangi perkembangan teknologi mempelajari desain digital menggunakan aplikasi Ibis Paint X. Namun masih banyak guru yang kurang mahir menggunakan aplikasi Ibis Paint X. Hal ini juga berlaku pada mahasiswa S1 Tata Busana, di mana keahlian dalam mengoperasikan aplikasi tersebut masih terbatas. Sebagai Prodi yang lulusannya dipersiapkan untuk menjadi guru SMK, maka diperlukan penambahan materi pada mata kuliah Aplikasi Komputer Busana. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil validitas dan praktikalitas dari video tutorial pengenalan tools dan mendesain busana pesta menggunakan aplikasi Ibis Paint X sebagai alat pendidikan untuk mata kuliah Aplikasi Komputer Busana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development (R&D), model digunakan dengan pendekatan Alessi & Trollip (2001). Uji validasi video oleh ahli media menunjukkan bahwa video tersebut memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi. Begitu juga dengan hasil validasi video oleh ahli materi, yang menunjukkan tingkat validitas yang sangat tinggi. Selanjutnya, hasil uji praktikalitas oleh dosen pengampu dan mahasiswa menunjukkan bahwa video tutorial ini dapat diterapkan secara efektif dalam pembelajaran. Hasil uji praktikalitas oleh mahasiswa dalam kelompok kecil dan besar menunjukkan bahwa video tutorial ini sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, video tutorial ini direkomendasikan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam mata kuliah Aplikasi Komputer Busana di Program Studi PKK S1 Tata Busana FPP UNP.

Kata Kunci: video tutorial, Ibis Paint X

 

Authors:

Futri Handayni : Universitas Negeri Padang

Enawati : Universitas Negeri Padang

 

References:

Afrianti, D., Ernawati, E., & Nelmira, W. (2015). Pengembangan Modul Aplikasi Komputer Dalam Mendesain Ragam Hias Menggunakan Program Coreldraw X4 untuk Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Journal of Home Economics and Tourism, 10(3), 1–15. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jhet/article/view/5458/4313

Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for learning: Methods and development. Allyn & Bacon, Inc.

Bukharla, F. A., & Nursyirwan. (2020). Perancangan Aplikasi Android Berbasis Mobile Oleh-oleh Khas Minangkabau (Minang Pedia). Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(2), 282–291. https://123dok.com/document/q20poxez-perancangan-aplikasi-android-berbasis-mobile-minangkabau-bukharla-nursyirwan.html

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2), 116–123. https://doi.org/10.53845/infokam. v15i2.178

Elizar. (1996). Metode Demontrasi dalam Pembelajaran. Erlangga.

Kartono, G., Mesra, M., & Azis, A. C. K. (2020). Pengembangan Media Ajar Grafis Komputer Materi WPAP Dalam Bentuk E-Book dan Video Tutorial Bagi Mahasiswa Seni Rupa. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 127–132. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1848565

Lamrose, T., Budiwiwaramulja, D., Azmi, A., & Muslim, M. (2019). Pemanfaatan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Pembelajaran Menggambar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mardinding. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 8(1), 30–35. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1848590

Nelmira, W., Ernawati, E., & Adriani, A. (2012). Pengembangan CD Interaktif Berbasis Tutorial untuk Media Pembelajaran Grading Mahasiswa Jurusan KK FT UNP. Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. http://repository. unp.ac.id/1058/1/WENI NELMIRA_771_12.pdf

Putri, B. D., & Ernawati, E. (2022). Pengembangan Video Tutorial Pola Lengan Menggunakan RP-DGS CAD Pattern Making. EDUTECH, 21(3), 202–213. https://ejournal.upi.edu/index.php/ edutech/article/view/50545

Ridwan, M., & Hadyanto, S. (2012). Perencanaan Pengembangan Pariwisata. Sofmedia.

Suci, P. H., Fitria, R., Adriani, A., & Novrita, S. Z. (2022). Development of 3D Design Tutorial Video for Clothing Shape Visualization. Jurnal Pendidikan dan Keluarga, 13(02), 102–110.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-hambatan Belajar yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan IKK FPP UNP. Jurnal Seni Rupa, 8(1), 120–128. https://garuda. kemdikbud.go.id/documents/detail/1848553

Syafei, S., Efrizal, E., Sami, Y., Zubaidah, Z., Ariusmedi, A., & Kharisma, M. (2021). Penerapan Ragam Hias Minangkabau dalam Pembelajaran Membatik bagi Guru Seni Budaya SMPN dan MTsN Kabupaten Padang Pariaman. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 10(2), 522–529. https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.31709

Widoyoko, E. P. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600


Keywords


video tutorial; ibis paint X

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v13i01.54905

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 1 times

Copyright (c) 2024 Futri Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License