Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Grenek Music Journal?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  • Naskah belum pernah dimuat/diterbitkan pada media lain. 
  • Naskah yang dimuat dalam jurnal ini meliputi tulisan tentang: kebijakan, penelitian, pemikiran, review konsep/teori, resensi buku baru dan informasi lain yang berkaitan dengan permasalahan bidang pendidikan musik, pengkajian musik, penyajian musik dll terkait dengan musik.
  • Naskah harus diserahkan secara online melalui situs web jurnal. Penulis harus log in untuk menyerahkan naskah.  Untuk panduan penyerahan naskah lihat di menu online submission. Pendaftaran online tidak dipungut biaya.
  • Panjang naskah antara 6 sampai 10 halaman A4 (210 x 297 mm) dengan format naskah sesuai template yang disediakan, termasuk di dalamnya gambar, tabel, tidak mengandung apendiks. Naskah ditulis menggunakan Microsoft Word (.doc/.docx) dengan batas atas 19 mm, kiri dan kanan 14,32 mm, serta 43 mm untuk batas bawah.
  • Judul dan Kata Kunci dituliskan dalam Bahasa Indonesia, sedangkan Intisari dan Abstract, harus dituliskan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris.
  • Jumlah kata judul maksimal 120 kata dengan ketentuan:tipe huruf Times New Roman (TNR) dengan ukuran huruf 14, spasi tunggal, rata tengah, cetak tebal (Bold). Apabila judul terlalu panjang, editor berhak mengedit judul dan isi tanpa mengubah makna judul dan isi tanpa persetujuan penulis naskah, ketika naskah akan naik cetak.
  • Penulisan judul artikel disarankan menggunakan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Apabila terdapat kata-kata dalam Bahasa Inggris, ditulis dengan format miring (Italic).
  • Nama penulis menggunakan Times New Roman 11. Jika ada lebih dari satu penulis dipisahkan dengan tanda koma dan ditulis angkajika penulis pertama, angkajika penulis kedua, dst.
  • Sertakan asal institusi, alamat, kode pos serta email penulis dan ditulis dengan menggunakan TNR 11 dengan format miring (Italic).
  • Artikel dimulai dengan Abstract dan Intisari. Abstract dan Intisari tidak boleh mengandung gambar maupun tabel, rata kanan-kiri, huruf Bookman Old Style 9, cetak tebal,dan spasi tunggal. Abstract ditulis dalam Bahasa Inggris dan Intisari ditulis dalam Bahasa Indonesia.  Abstract dan Intisari tidak boleh lebih dari 250 kata. Abstract dan Intisari harus menggambarkan esensi isi artikel keseluruhan.
  • contoh rujukan: hirza herna. 2017. cara bermain piano. Medan: Unimed Press
  • sistematika penulisan: Abstrak, Landasan Teori, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar pustaka 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Tulisan adalah naskah asli yang belum pernah dipublikasikan.
  2. Tulisan disertai abstrak, ditulis satu spasi dan maksimal 200 kata. Kata kunci (key words) minimal dua kata, ditulis di bawah abstrak.
  3. Setiap naskah memilki sistematika; sub judul pendahuluan, diikuti oleh beberapa sub judul lain dan berakhir dengan sbu judul penutup atau simpulan. Naskah diketik rapi satu spasi  dua kolom dalam bahasa Indonesia atau Inggris, font; Garamond, size; 12, format; A4 justify. Panjang naskah minimal delapan halaman dan maksimal 18 halaman, termasuk rujukan.
  4. Sistem rujukan adalah yang lazim digunakan dalam tulisan ilmiah, dengan konsistensinya. Sumber rujukan/kutipan dimasukkan dalam tulisan (tanpa foot note)
  5. Tulisan dikirim dalam bentuk softcopy dan hardcopy sebanyak 1 eksemplar atau dikirim langsung ke Prodi Pend. Musik Unimed atau melalui hirza.herna00@gmail.com. Redaktur berhak mengedit dengan tidak merubah isi dan maksud tulisan
 

Copyright Notice

Seluruh artikel dalam Jurnal ini merupakan tanggung jawab penulisnya.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.