PERKEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PADUAN SUARA DI SD SANTO ANTONIUS I DAN II MEDAN

Lorencia Adella

Abstract


Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kegaitan ekstrakulikuler paduan suara merupakan
ekstrakulikuler pilihan, yang diresmikan sejak Oktober 2010. Kegiatan ini memiliki produk
bernama paduan suara Beata Voce. Terdapat tujuh karakter yang ditemukan dalam kegiatan
ekstrakulikuler paduan suara. Antara lain Tanggung jawab, Disiplin, Kerja keras, Teguh
pendirian, Religius, Komitmen, dan bersahabat/ komunikatif. Berdasarkan indikator
perkembangan karakter, siswa dalam kelompok suara Sopran 1 berada dalam kondisi sangat baik,
siswa dalam kelompok suara Sopran 2 berada dalam kondisi sangat baik, siswa dalam kelompok
suara Alto 1 berada dalam kondisi baik, dan siswa dalam kelompok suara Alto 2 berada dalam
kondisi baik, dan karakter yang kurang maksimal pengembangannya dalah kerja keras. Kendala
dari perkembangan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler paduan suara di SD St.
Antonius I dan II ada 3, yaitu keadaan orangtua siswa yang terbatas, penguasaan materi lagu dan
kurangnya motivasi internal pada diri siswa karena keadaan terpaksa. Solusi yang dapat dicapai
dari masalah tersebut adalah mengupayakan kegiatan-kegiatan penggalangan dana untuk
menutupi sebagian biaya pribadi; pembiasaan disiplin dan kerja keras sejak dini untuk
mempermudah siswa yang akan menjadi penerus anggota tim inti dikemudian hari; dan
pengarahan minat anak dibarengi dengan ketelatenan orangtua untuk selalu mengecek
perkembangan dan kondisi si anak.

Keywords


Perkembangan, karakter siswa, paduan suara, Beata Voce

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v7i2.10985

Article Metrics

Abstract view : 255 times
PDF - 750 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Lorencia Adella

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.