Inovasi Instrumen Biola Berfret di MTS Nurhasanah Kabupaten Batubara
DOI:
https://doi.org/10.24114/grenek.v10i1.23322Keywords:
Innovation, Learning, Violin, FretAbstract
Tujuan Penelitian ini 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran biola menggunakan inovasi instrumen biola berfret di MTs Nurhasanah Kabupaten Batubara, 2) Untuk mengetahui proses pembuatan Inovasi Instrumen biola berfret. Teori yang digunakan adalah teori inovasi, teori pembelajaran, teori biola, dan fret (pembatas nada). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Proses pembelajaran biola mencakup penjelasan mengenai bagian-bagian biola beserta fungsinya diikuti dengan membaca notasi musik dengan tabulasi angka serta materi ajar dari buku panduan metode Suzuki. 2) Proses pembuatan instrumen biola berfret terdiri dari beberapa tahapan antara lain: (1) proses pembuatan, (2) langkah-langkah pembuatan, (3) material yang digunakan, dan (4) kelebihan serta kekurangan instrumen biola berfret. Proses pembuatan cukup sederhana hanya menambahkan fret yang ditanam pada fingerboard kemudian diukur dengan alat ukur cromatic tunerReferences
Agung, Leo Rupiyono. (2020). Perstude Lahap: An Alternative Of Violin Effective Learning. Jurnal Seni Musik. 9 (1): 21-27
Deo Sansha, Yoyok. (2014). Pengaruh Kemampuan, Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal BISMA (Bisnis dan Manajemen), 7 (1): 45-52
Dan Overholt. (2005). The Overtone Violin. Jurnal Proceedings of the 2005 International Conference on New Interfaces for Musical Expression (NIME05). 34-37
Guntur Williantoro (2018). Inovasi E-Learning Web Sebagai Media Pendamping Siswa Dalam Pembelajaran Instrumen Biola. Jurnal Seminar Nasional Seni dan Desain: œKonvergensi Keilmuan Seni Rupa dan Desain Era 4.0. 188-193
Gusti Ngurah Agung Dalem Diatmika, (2019). Inovasi gitar dengan media keramik, Institut Seni Indonesia Denpasar
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia Mulyadi Akmal, (2018). Jago Bermain Violin Otodidak. Yogyakarta : c- klik Media
Nugroho, J. Setiadi, SE., MM. (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana. Jakarta
Rusman, (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta. STIA-LAN Press (E-Book)
Thursam Hakim, (2004). Teknik Plaing Prektis Belajar Memainkan Biola dan Gitar. Tangerang : PT. Kawan pustaka.
Yulia Gitarida, dkk. (2018). Strategi Pembelajaran Biola Pada Anak Di Beethoven Music Course Kabupaten Temanggung. Jurnal seni Musik. 3 (1): 48-56
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ade Fauzi, Uyuni Widiastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Grenek: Jurnal Seni Musik agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)