Media Pembelajaran Berbasis Video Konten Youtube pada Mata Kuliah Sejarah Musik Materi Musik Kuno
DOI:
https://doi.org/10.24114/grenek.v10i1.24790Keywords:
Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Musik, Konten Video, Minat BelajarAbstract
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) menghasilkan pengembangan media pembelajaran berbasis video content youtube mata kuliah Sejarah Musik materi sejarah musik kuno, (2) menguji kelayakan media pembelajaran berbasis video content youtube mata kuliah Sejarah Musik materi sejarah musik kuno, dan (3) mengetahui peningkatan minat belajar mahasiswa setelah menggunakan media pembelajara ini sebagai sumber informasi tambahan mahasiswa program studi pendidikan musik untuk memahami sejarah musik kuno. Tahapan penelitian dan pengembangan ini meliputi analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, dan uji coba pemakaian. Penilaian dan uji kelayakan produk pada uji alfa ini melibatkan 2 (satu) orang ahli media. Uji coba produk (uji beta) melibatkan 32 mahasiswa sebagai subjek uji coba. Data dalam penelitian dan pengembangan ini dikumpulkan melalui angket dan tes minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif deskriptif, kuantitatif deskriptif, dan uji beda. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) kelayakan media pembelajaran berbasis video content youtube berdasarkan penilaian ahli media mencapai skor 5,64 dengan kriteria œSangat Baik; (2) penilaian produk oleh 2 (dua) orang dosen pada uji alfa memiliki skor rata-rata sebesar 4,78 dengan kriteria œSangat Baik; (3) peningkatan minat belajar mahasiswa sebesar 4,89. Nilai signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pada pretest dan posttest. Sehingga dalam hal ini, penggunaan media pembelajaran berbasis video content youtube dapat meningkatkan minat belajr mahasiswa pada mata kuliah sejarah musik.References
Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Borg, W.R & Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction, Fourth Edition. New York: Longman Inc.
Handayani, I., Febriyanto, E., & Kristanti, C. Y. (2019). Komunikasi Dalam Pembelajaran Ilearning Plus Di. 16(2).
Haris Budiman, (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. AlTadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, Mei 2017, 76.
Johnson, R.A., & Wichern, D.W. (2007). Applied multivariate statistical analysis. Upper Saddle River: Pearson Education, Inc
Kusnayat, A., Sumarni, N., Mansyur, A. S., Zaqiah, Q. Y., & Bandung,
U. T. (2020). Pengaruh
Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153“165.
Pallant, J. (2007). SPSS survival manual. New York: McGraw Hill Open University Press.
Rasagama, I. G. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Getaran Berbasis Video Youtube
Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Politeknik. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(2), 91. https://doi.org/10.26714/jps.8.2.2020.91-101
Rifa™i, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kalkulus Berbasis Web Moodle Pada Mahasiswa STKIP Qomaruddin Gresik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan ¦, 4(2), 27“32. http://194.59.165.171/index.php/APM/article/download/291/203
Simanjuntak, D. (2013). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol.12, 21.
Teni Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, vol. 3, No.1, 173.
Yana, D., & Adam, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Platform Lms Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dimensi, 8(1), 1“12.
https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.181
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Aldhila Mifta Firdhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Grenek: Jurnal Seni Musik agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)