Efektivitas Media Sosial Tiktok Pada Musikalitas Anak Remaja Di Kelurahan Kenangan Baru Medan

Cindy Angelia Hutabarat, Pulumun P Ginting

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas, dampak dan manfaat media sosial tiktok bagi musikalitas remaja di Kelurahan Kenangan Baru Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Pengolahan data menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya berdasarkan data yang disebar kepada 50 responden melalui angket/kuesioner, kemudian data tersebut diolah dan memperoleh hasil sebesar 82% dan dinyatakan media sosial tiktok efektif untuk meningkatkan musikalitas remaja di Kelurahan Kenangan Baru Medan. Dampak yang ditimbulkan dari media sosial tiktok adalah meningkatkan keaktifan dan kreatifitas remaja sehingga mampu menguasai Teknologi.


Keywords


Media Sosial, Tiktok, Musikalitas

Full Text:

PDF

References


Aji,W. dan Setiyadi, D. 2020. Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Jurnal pembelajaran Bahasa dan Sastra, 6(2). 147-157.

Bulele Y. dan Wibowo T. 2020.Analisis Fenomena Media Sosial dan Kaum Millenial: Studi Kasus TikTok. Vol. 1.

Daniel.M, dkk.(2016). How the World Changed Social Media. Tersedia dari Google Scholar.

Djohan.(2020). Psikologi Musik.Tersedia di Google scholar.

Gencer, S. L. & Koc, M. (2012). Internet Abuse among Teenagers and Its Relations to Internet Usage Patterns and Demographics.Journal of Educational Technology & Society, 15 (2).25–36.

Handy dan Wijaya. 2020. Konsumsi Media Sosial bagi Kalangan Pelajar: Studi pada Hyperrealitas Tiktok. Jurnal Al-mada. 3(2)

Bulele Y. dan Wibowo T. 2020.Analisis Fenomena Media Sosial dan Kaum Millenial: Studi Kasus TikTok. Vol. 1.

Susilowati.2020.Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding di Instagram (studi deskriptif kualitatif pada akun @bowo_allpennliebe), Jurnal Komunikasi, 9(2)

Wiflihani dan Widiastuti, U. 2017. Pengenbangan Musikalitas melalui Bunyi-Bunyi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Musik Unimed.

Zuo, H dan Wang, T. (2019). Analysis of Tik Tok User Behavior from the Perspective of Popular Culture.Jurnal Internasional, 1(3). 1-5




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v10i2.28560

Article Metrics

Abstract view : 441 times
PDF - 958 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Cindy Angelia Hutabarat, Pulumun P Ginting

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.