METODE PENGAJARAN PADUAN SUARA KELOMPOK ANAK SEKOLAH MINGGU UMUR 6-12 TAHUN DI GEREJA GPIB PAULUS BINJAI
Abstract
Penelitian ini berfokus pada kajian tentang metode pengajaran paduan suara anak sekolah minggu di gereja GPIB Paulus Binjai. Penelitian mengambil lokasi di Kota Madya Binjai tepatnya di Gereja GPIB Paulus Binjai, yang bertujuan mendeskripsikan keberadaan paduan suara, penerapan metode pengajaran, manfaat, proses pembelajaran, paduan suara anak sekolah minggu usia 6-12 tahun di Gereja GPIB Paulus Binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data-data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan pendokumentasian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah keseluruhan data terkumpul dari lokasi penelitian, kemudian data tersebut dianalisis untuk menjawab seluruh pertanyaan penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif yang dideskripsikan secara bertahap dalam bentuk tulisan ilmiah, kemudian data-data diklasifikasikan sesuai isi atau materi masing-masing data yang diarahkan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Setelah analisis dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam pengajaran paduan suara adalah metode demonstrasi dengan mengacu pada standar pembelajaran vokal.Kata Kunci : Paduan Suara, Pembelajaran Musik, Musik Liturgis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v1i3.2891
Article Metrics
Abstract view : 263 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2012 Jenny Yosephine Panjaitan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.