MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA KELAS VIII SMP METHODIST 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Rianti Manalu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar seni musik siswa kelas VIII melalui pembelajaran koperatif Make A Match. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Methodist 9 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 dengan subjek adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 40 orang. Dalam pengumpulan data teknik digunakan tes hasil belajar, wawancara, observasi lapangan, studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelasnya adalah 66,75. Pada siklus II nilai rata-rata kelas 80, menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 13,25. Dan kelulusan secara klasikal pada siklus I mencapai 60% (24 orang) sedangkan pada siklus II mencapai 90% (36 orang). Dengan demikian model pembelajaran koperatif make a match dapat meningkatkan hasil belajar seni musik siswa. Dapat disimpulkan bahwa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar seni musik siswa kelas VIII SMP Methodist 9 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 adalah cara mengajar guru yang membosankan, guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa merasa bosan, malas belajar dan keadaan seperti ini menyebabkan siswa belajar secara individu, kurang melibatkan interaksi sosial dan cara meningkatkan hasil belajar seni musik siswa kelas VIII SMP Methodist 9 Medan tahun ajaran 2011/2012 adalah dengan cara menerapkan model pembelajaran koperatif make a match. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Make A Match, Seni Musi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v1i3.2895

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Rianti Manalu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.