Media Pembelajaran Solfegio Dimasa Pandemi Covid-19 Prodi Musik FSP ISI Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.24114/grenek.v10i2.29013Keywords:
Media, Pembelajaran, Solfegio, Covid-19.Abstract
Pembelajaran solfegio menengah III adalah salah satu mata kuliah wajib di Prodi Musik, FSP, ISI Yogyakarta. Proses pembelajaran solfegio mempunyai target yang jelas disusun didalam RPS yaitu dengan tujuan agar mahasiswa dapat menguasai pendengaran terhadap bunyi dan paham akan jenis nada-nadanya sehingga dapat menuliskan nada tersebut ke dalam notasi balok. Proses pembelajaran ini terhambat karena adanya musibah pandemi covid-19, sehingga perkuliahan dilaksanakan secara daring dan strategi pembelajaran yang menjadi solusi dalam melaksanakan perkuliahan ini seperti menyajikan materi pembelajaran serta cara berkomunikasi perkuliahan dengan mahasiswa secara online berbantukan teknologi dengan menggunakan media-media pembelajaran yang mendukung. Rumusan masalah yang dibahas ialah apa media pembelajaran solfegio yang digunakan dimasa pandemi covid-19 serta bagaimana hasil nilai mahasiswa dari strategi pembelajaran ini. Metodologi yang digunakan ialah metode kualitatif-deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penulis menyelidiki dengan cermat suatu program pembelajaran, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi pustaka, dokumentasi, kemudian hasil temuan dianalisis. Hasil yang didapatkan dalam tulisan artikel ini mahasiswa sudah menjalani proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 ini berbantukan teknologi dan perkuliahan online juga lancar, nilai semester mata kuliah solfegio mahasiswa masih dalam posisi bagus dan mahasiswa dapat naik ke tahap level solfegio selanjutnya.References
Belawati, Tian. 2019. Pembelajaran Online. Banten : Universitas Terbuka.
Creswell, John W. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, (penerjemah: Acmad Fawaid), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
ISI Yogyakarta. 2020/2021. Panduan & Peraturan Akademik.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2021. https://www.kbbi.web.id/
Kustap, K., & Lubis, I. (2019). Pelatihan Pola Ritme Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Pembalajaran Mata Kuliah Instrumen Gitar di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta. PROMUSIKA. https://doi.org/10.24821/promusika.v7i1.2473
Muttaqin, Moh., & Kustap. 2008. Seni Musik Klasik. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Respati, Resa. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Solfegio untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. S2 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
R M Simamora., D de Fretes., E D Purba., D Pasaribu. 2020. Practices, Challenges, and Prospects of Online Learning during COVID-19 Pandemic in Higher Education: Lecturer Perspectives. Studies in Learning and Teaching, SiLeT, Vol. 1, No. 3, Desember 2020 : 185-208.
Sudrajat, Ahmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Tersedia : A Sudrajat-Online (http://smacepiring.wordpress. com) - academia.edu.
Suryati. 2016. Strategi Pembelajaran Seni Musik bagi Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah 2 `Yogyakarta dengan Media Audio Visual. Promosika Volume 4, Nomor 2, Oktober 2016.
Soedarsono, R.M. 2001. Metodologi Penelitian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.
Wahyu, Tri W. 2013. Teknologi Komputer Dan Proses Kreatif Musik Menuju Revitalisasi Pembelajaran Seni Musik. Promusika, Vol. 1, No. 1, April 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ezra Deardo Purba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Grenek: Jurnal Seni Musik agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)