Penyusunan Modul Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif Berfokus Profil Lulusan Sebagai Upaya Pemberdayaan Mahasiswa Pendidikan Musik

Reza Ginandha Sakti

Abstract


Kewirausahaan pada tahun 2021 menjadi mata kuliah yang wajib diselenggarakan oleh seluruh program studi di lingkungan Institut Seni Indonesia Yogyakarta untuk membekali dan memberdayakan mahasiswa setelah menyelesaikan Pendidikan. Mata kuliah kewirausahaan telah dilaksanakan sejak tahun 2019 di dengan nama Entrepreneurship di Program Studi Pendidikan Musik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Profil lulusan di Program Studi Pendidikan Musik yang mencakup pengelola seni, konsultan, serta pendidik atau instruktur musik memiliki kaitan erat dengan ekonomi kreatif. Permasalahan yang terjadi adalah mahasiswa sangat minim pengetahuan tentang kewirausahaan dan industri kreatif bidang musik sesuai dengan profil lulusan. Untuk mengatasi hal tersebut, dirancanglah sebuah modul mata kuliah kewirausahaan berfokus ekonomi keatif yang sesuai dengan profil lulusan. Secara garis besar, modul berisi pemahaman tentang kewirausahaan, profil pengusaha, dan jenis kegiatan ekonomi industri kreatif bidang musik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar validitas dan lembar pertanyaan. Validator berasal dari kalangan praktisi, akademisi, dan ahli komunikasi. Berdasarkan hasil analisis data modul memiliki validasi tinggi dengan skor 93 yang berarti dapat digunakan tanpa revisi. Modul layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi mahasiswa dalam bidang kewirausahaan dan industri kreatif bidang musik.


Keywords


modul, kewirausahaan, ekonomi kreatif, musik.

Full Text:

PDF

References


Andriyanto, R. M. A. (2020). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Teknologi Musik Melalui Penerapan Pembelajaran Software Digital Audio Workstation. Grenek: Jurnal Seni Musik, 9(2), 15–28.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. PT Remaja Rosdakarya.

Miller, J. W., & McKenna, M. C. (2016). World Literacy; How Countries Rank and Why It Matters. Routledge.

Moloeng, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media.

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi penelitian seni. Cipta Prima Nusantara.

Rusdiana. (2018). KEWIRAUSAHAAN teori dan praktik. In e-libraray STIEM Bongaya (Vol. 2, Issue 2). e-library STIEM Bongaya. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17779.12327

Sriwiyana. (2011). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). CV. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wiratno, S. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4), 454. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.101




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v11i1.33281

Article Metrics

Abstract view : 392 times
PDF - 363 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Reza Ginandha Sakti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.