Pembelajaran Teknik Vokal Riff and Runs Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Medan
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran teknik vokal Riff and Runs di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Medan. Penelitian ini didasarkan pada landasan teoritis teori teknik vokal, teknik vokal Riff and Runs, improvisasi, dan metode Drill. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yaitu 1 guru praktek vokal pop dan 6 siswa-siswi kelas XI Non Klasik jurusan vokal pop di SMK Negeri 11 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes praktek dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran teknik vokal Riff and Runs dengan metode drill di jurusan vokal pop kelas XI Non-Klasik, dimulai dari pengenalan teknik vokal dasar seperti teknik pernapasan, vocalizing, dan melatih suara dengan tangga nada pentatonik mayor dan pentatonik minor, mendengarkan lagu dan latihan secara mandiri. Kelebihan dari teknik vokal riff and runs adalah menggunakan tangga nada pentatonik mayor dan pentatonik minor (5 buah nada) sedangkan pada pembelajaran teknik vokal biasa hanya menggunakan tangga nada diatonis mayor dan minor saja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. 2016. “Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif”. Satu Nusa: Bandung.
Dick Walter, Lou Carey, James O. Carey. 2001. The Sistematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson. Buku : Siregar, N. Belajar dan pembelajaran. 2016. Medan. Universitas HKBP Nomensen. Medan (Online)
Hendro, S. D. 2005. “Panduan praktis Improvisasi Piano Rock & Blues”. Jakarta: Puspa Swara
Maftukhah, S. 2010. “Kreativitas musik dan seni”. Jakarta: Puspa Swara
Matt, Ramsey. 2021. Riff-and-runs ”Improve Your singing in 30 Days with these 150 mini vocal Lessons. Austin TX. Online Book.
Masganti. 2016. “ Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori Dan Praktik”. Medan: IKAPI.ISBN:978-602-6462-11-4.
Milyartini. 2017. Development Of Vocal Teaching Material Based On Keroncong Singing Ornaments To Strengthenwestern Vocal Technique. Jurnal seni budaya.
Nana Sudjana. 2004. “Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar”. Bandung: Sinar Baru
Sagala, Syaiful. 2017. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v11i1.34694
Article Metrics
Abstract view : 797 timesPDF - 1113 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Afrida Siahaan, Lamhot Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.