Aransemen Sholawat Syi™ir Tanpo Waton: Sebuah Proses Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.24114/grenek.v11i1.34789Keywords:
music arrangement, sholawat, Islamic musicAbstract
Penulisan artikel ini berisikan dua pembahasan, yang pertama adalah deskripsi mengenai konsep penyusunan aransemen Sholawat Syi™ir Tanpo Waton, dan yang kedua adalah proses proses penyusunannya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan artistik berupa practice based research. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara, proses aransemen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil pembahasan berupa tahapan-tahapan dari dua proses pokok dalam aransemen yaitu: 1) Konsep aransmen Syi™ir Tanpo Waton yang berisikan tahapan penetapan bentuk musik, pemilihan bait syair, instrumentasi, konsep melodi dan konsep harmoni; 2) Proses penyusunan aransemen Sholawat Syi™ir Tanpo Waton yang berisikan tahapan dalam penyusunan Intro/bagian A, transisi, bagian B, episode, bagian B™ dan codetta.References
Adzkia, S. F. (2016). Analisis Bentuk Musik atas Kesenian Laras Madya dan Resistensinya dalam Budaya Jawa. PROMUSIKA: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 4(1), 1“12.
Amertha, M. F. (2019). Analisis Pesan Dakwah Syiir Tanpo Waton Pendekatan Semiotik Ferdinand De Saussure. Inteleksia-Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 1(1).
Dhani, K. R. (2021). EMPTY BENCH IN INDONESIAN PERFORMING ARTS STUDIES: AUDIENCE. TONIL: Jurnal Kajian Sastra, Teater Dan Sinema, 18(2), 83“91.
Fnr/Ayp. (2019). Mahfud MD Sebut Politik Identitas Ancam Keutuhan Bangsa.
Ibrahim, J. (2006). Teater Rakyat sebagai Media Kritik Sosial: Fungsi humor dalam Seni Pertunjukan Lenong Betawi. Humaniora, 18(1), 7“14.
Indrawan, A. (2012). Musik di Dunia Islam. Dalam Tsaqafa, Jurnal Kajian Seni Budaya Islam, 1.
Jarrett, S., & Day, H. (2008). Music composition for dummies. John Wiley & Sons.
Kawakami, G. (1975). Arranging Popular Music: a practical guide. Yamaha Music Foundation.
Kurniawan, M. A. (2011). Kritik Sosial Dalam Novel Menunggu Matahari Melbourne Karya Remy Sylado: Tinjauan Sosiologi Sastra.
Mack, D. (2004). Ilmu Melodi. Pusat Musik Liturgi.
Manzila, D. (2013). Syiir Tanpo Waton Pernah Dilantunkan di Depan Gus Dur. In Nu.or.Id.
Merriam, A. P., & Merriam, V. (1964). The anthropology of music. Northwestern University Press.
Pramuditya, P., & De Fretes, D. (2021). KHALIBANA: Karya Musik Absolut Sebagai Wujud Pesan Musik. SELONDING, 17(2), 51“64.
Sanjaya, R. M. S. (2013). Metode Lima Langkah Aransemen Musik. PROMUSIKA: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 1(1), 33“49.
Stein, L. (1979). Structure & style. Summy-Birchard.
Wahid, A. (2006). Islamku Islam Anda Islam Kita. In Jakarta, The Wahid Institute.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Eki Satria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Grenek: Jurnal Seni Musik agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)