Efektivitas Pengemasan Materi Musik Tradisional Berbasis Edmodo
DOI:
https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.36938Keywords:
Pengemasan, Edmodo, Musik TradisionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengemasan materi musik tradisional pada mata pelajaran Seni Budaya dalam bentuk media poster yang kemudian di unggah ke edmodo sebagai media pembelajaran online di kelas VIII A SMP Negeri 23 Medan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli media dan validasi ahli materi. Hasil penelitian menghasilkan produk berupa poster berisi materi musik tradisional yang di desain menggunakan software Corel Draw X7 dan telah divalidasi oleh ahli media dengan nilai rata-rata 80% kategori valid dan validasi ahli materi dengan nilai rata-rata 90,825 kategori sangat valid. Melalui tahap pretest, uji coba tahap satu, dan postest, efektivitas siswa-siswi memperoleh nilai rata-rata 90,15% dengan kategori sangat efektif.References
Hasibuan Desy Tiarani, dkk. 2020. œPengemasan Pembelajaran Tatak Tintoa Ser-Ser Dalam Media Pembelajaran Powerpoint Stand Alone Untuk Siswa Kelas X Sma Di Medan. 9(2): 24049.
Satria, T D, Suroso P, and Sembiring A S. 2020. œPengemasan Bahan Ajar Komputer Musik Dasar Berbasis E-Learning Di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan. Grenek Musik Journal https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/grenek/article/view/18013.
Daryanti, dkk. 2019. œPeran Media Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 1(3): 215“21.
Ucu, N. L., Paturusi, S. D., & Sompie, S. R. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Teknik Informatika, 13(1). Putranti, Nurita. 2013. œCara Membuat Media Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
(2): 139“47.
Arifin Muhammad, dkk. 2020. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh Untuk Milenial. Sukabumi: Haura Publishing
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jeremia Pangaribuan, Herna Hirza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Grenek: Jurnal Seni Musik agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)