Efektivitas Pengemasan Materi Musik Tradisional Berbasis Edmodo

Jeremia Pangaribuan, Herna Hirza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengemasan materi musik tradisional pada mata pelajaran Seni Budaya dalam bentuk media poster yang kemudian di unggah ke edmodo sebagai media pembelajaran online di kelas VIII A SMP Negeri 23 Medan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli media dan validasi ahli materi. Hasil penelitian menghasilkan produk berupa poster berisi materi musik tradisional yang di desain menggunakan software Corel Draw X7 dan telah divalidasi oleh ahli media dengan nilai rata-rata 80% kategori valid dan validasi ahli materi dengan nilai rata-rata 90,825 kategori sangat valid. Melalui tahap pretest, uji coba tahap satu, dan postest, efektivitas siswa-siswi memperoleh nilai rata-rata 90,15% dengan kategori sangat efektif.


Keywords


Pengemasan, Edmodo, Musik Tradisional

Full Text:

PDF

References


Hasibuan Desy Tiarani, dkk. 2020. “Pengemasan Pembelajaran Tatak Tintoa Ser-Ser Dalam Media Pembelajaran Powerpoint Stand Alone Untuk Siswa Kelas X Sma Di Medan.” 9(2): 24049.

Satria, T D, Suroso P, and Sembiring A S. 2020. “Pengemasan Bahan Ajar Komputer Musik Dasar Berbasis E-Learning Di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan.” Grenek Musik Journal https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/grenek/article/view/18013.

Daryanti, dkk. 2019. “Peran Media Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 1(3): 215–21.

Ucu, N. L., Paturusi, S. D., & Sompie, S. R. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Teknik Informatika, 13(1). Putranti, Nurita. 2013. “Cara Membuat Media Pembelajaran Online.” Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

(2): 139–47.

Arifin Muhammad, dkk. 2020. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh Untuk Milenial. Sukabumi: Haura Publishing

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.36938

Article Metrics

Abstract view : 177 times
PDF - 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jeremia Pangaribuan, Herna Hirza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.