PEMBELAJARAN MUSIK PADA ANAK USIA TIGA SAMPAI ENAM TAHUN DI KELOMPOK MUSIK BERMAIN ERA MUSIKA

Berny M. Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran musik pada anak usia tiga sampai enam tahun dikelompok musik bermain Era Musika. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.Peneliti mengambil lokasi penelitian di Era Musika Medan dengan sumber data kepala sekolah, guru pembimbing kegiatan pembelajaran dan siswa yang mengikuti pembelajaran musik di Era Musika. Prosedur pengumpulan data dilakukan berdasarkan jenis data antara lain (1) study kepustakaan, (2) observasi langsung, (3) wawancara, (4) tes praktek dan (5) dokumentasi dan audio visual. Pembelajaran musik pada anak dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi dan penugasan.Pada tahap awal instruktur memberi penjelasan mengenai bentuk dan nilai not dan tanda berhenti, tanda birama, kunci, serta praktik memainkan solmisasi dengan menggunakan instrumen keyboard yang dipegang setiap anak.Setelah anak-anak mampu mempraktekkan instrumennya masing-masing, instruktur menyuruh seluruh anak untuk dapat bermain secara bersama-sama.

Setelah analisis dilakukan, ditemukan hasil bahwa pembelajaran musik pada anak umur tiga sampai enam tahun di kelompok musik bermain Era Musika menunjukkan hasil pembelajaran dengan pengajaran instruktur seni musik berada pada katagori yang cukup. Dimana pembelajaran musik yang diberikan pada anak usia tiga sampai enam tahun dapat mempengaruhi perkembangan otak. Hasil tersebut didapat dari tes praktik yang menunjukkan mayoritas anak-anak mengalami kendala dalam membaca notasi angka dan mengatur tempo ketika memainkan lagu bersama-sama dengan memakai instrumen.

Keywords


Pembelajaran Musik, Pendidikan Usia Dini, Era Musika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v2i1.3723

Article Metrics

Abstract view : 223 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Berny M. Purba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.