Pemanfaatan Buku Elektronik Interaktif (E-Pub) Kewirausahaan dan HKI Sebagai Media Perkuliahan Hybrid Terintegrasi

Reza Ginandha Sakti

Abstract


Pandemi Covid-19 memaksa dosen dan mahasiswa beradaptasi dengan teknologi agar proses pembelajaran dalam jaringan dapat berjalan dengan baik. Proses pembelajaran daring dilakukan secara tatap muka langsung dalam jaringan (realtime face to face), daring sinkronisasi,maupun daring asinkron. Seiring meredanya kasus Covid-19, pembelajaran dapat dilakukan secara Hybrid, yakni tatap muka dan daring. Permasalahan yang terjadi dalam perkuliahan Hybridadalah materi perkuliahan yang diberikan dengan penugasan menggunakan Learning Management System menyulitkan dosen dan mahasiswa karena harus berpindah-pindah dari pembelajaran, daring, dan LMS. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penulis merancang buku elektronik interaktif berbentuk e-pub yang memungkinkan integrasi pembelajaran Hybriddalam satu media. Integrasi yang dimaksud adalah pembelajaran sinkron, asinkron, dan quiz bisa terakomodasi melalui e-pub tersebut. Secara garis besar, e-pub berisi materi Kewirausahaan dan HKI yang didalamnya terdapat media audiovisual yang bisa digunakan mahasiswa meski tanpa jaringan internet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah reseach anddevelopment(R&D). Tahapan penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model Borg & Gall yang dimodifikasi sesuai kebutuhan dan situasi lapangan. Ujicoba produk akan melibatkan mahasiswa Pendidikan Musik. Penelitian bertempat di Program Studi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta dan penyusunan e-pubdi Kantor Hema Creative. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar validitas dan lembar pertanyaan. Validator berasal dari kalangan praktisi multimedia, wirausaha, dan akademisi. Berdasarkan hasil analisis data modul memiliki validasi tinggi dengan skor 90 yang berarti dapat digunakan tanpa revisi. E-publayak dan efektif untuk digunakan dalam perkuliahan.


Keywords


E-pub, Kewirausahaan dan HKI, Pembelajaran Hybrid

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2006). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. PT Remaja Rosdakarya.

Andriyanto, R. M. A. (2020). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Teknologi Musik Melalui Penerapan Pembelajaran Software Digital Audio Workstation. Grenek Music Journal, 9(2), 15–28.

Arif, M. (2002). PEMANFAATAN DAN PENGELOLAAN HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(29), 43–51.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Hidayat, R., Sari, V. R., & Ade, V. R. P. (2017). Pemanfaatan Sigil Untuk Pembuatan E-Book (Electronic Book) dengan Format EPub. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 1–8.

Miller, B. N., & Ranum, D. L. (2012). Beyond PDF and ePub: toward an interactive textbook. Proceedings of the 17th ACM Annual Conference on Innovation and Technology in Computer Science Education, 150–155.

Moloeng, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi penelitian seni. Cipta Prima Nusantara.

Sakti, R. G. (2022). Penyusunan Modul Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif Berfokus Profil Lulusan Sebagai Upaya Pemberdayaan Mahasiswa Pendidikan Musik. Grenek: Jurnal Seni Musik, 11(1), 1–7.

Salirawati, D. (2007). Teknik penyusunan modul pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sriwiyana, A. &. (2011). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.38750

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Reza Ginandha Sakti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.