Pemanfaatan Buku Elektronik Interaktif (E-Pub) Kewirausahaan dan HKI Sebagai Media Perkuliahan Hybrid Terintegrasi
DOI:
https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.38750Keywords:
E-pub, Kewirausahaan dan HKI, Pembelajaran HybridAbstract
Pandemi Covid-19 memaksa dosen dan mahasiswa beradaptasi dengan teknologi agar proses pembelajaran dalam jaringan dapat berjalan dengan baik. Proses pembelajaran daring dilakukan secara tatap muka langsung dalam jaringan (realtime face to face), daring sinkronisasi,maupun daring asinkron. Seiring meredanya kasus Covid-19, pembelajaran dapat dilakukan secara Hybrid, yakni tatap muka dan daring. Permasalahan yang terjadi dalam perkuliahan Hybridadalah materi perkuliahan yang diberikan dengan penugasan menggunakan Learning Management System menyulitkan dosen dan mahasiswa karena harus berpindah-pindah dari pembelajaran, daring, dan LMS. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penulis merancang buku elektronik interaktif berbentuk e-pub yang memungkinkan integrasi pembelajaran Hybriddalam satu media. Integrasi yang dimaksud adalah pembelajaran sinkron, asinkron, dan quiz bisa terakomodasi melalui e-pub tersebut. Secara garis besar, e-pub berisi materi Kewirausahaan dan HKI yang didalamnya terdapat media audiovisual yang bisa digunakan mahasiswa meski tanpa jaringan internet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah reseach anddevelopment(R&D). Tahapan penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model Borg & Gall yang dimodifikasi sesuai kebutuhan dan situasi lapangan. Ujicoba produk akan melibatkan mahasiswa Pendidikan Musik. Penelitian bertempat di Program Studi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta dan penyusunan e-pubdi Kantor Hema Creative. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar validitas dan lembar pertanyaan. Validator berasal dari kalangan praktisi multimedia, wirausaha, dan akademisi. Berdasarkan hasil analisis data modul memiliki validasi tinggi dengan skor 90 yang berarti dapat digunakan tanpa revisi. E-publayak dan efektif untuk digunakan dalam perkuliahan.References
Abdul Majid. (2006). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. PT Remaja Rosdakarya.
Andriyanto, R. M. A. (2020). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Teknologi Musik Melalui Penerapan Pembelajaran Software Digital Audio Workstation. Grenek Music Journal, 9(2), 15“28.
Arif, M. (2002). PEMANFAATAN DAN PENGELOLAAN HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(29), 43“51.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Hidayat, R., Sari, V. R., & Ade, V. R. P. (2017). Pemanfaatan Sigil Untuk Pembuatan E-Book (Electronic Book) dengan Format EPub. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 1“8.
Miller, B. N., & Ranum, D. L. (2012). Beyond PDF and ePub: toward an interactive textbook. Proceedings of the 17th ACM Annual Conference on Innovation and Technology in Computer Science Education, 150“155.
Moloeng, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Rohidi, T. R. (2011). Metodologi penelitian seni. Cipta Prima Nusantara.
Sakti, R. G. (2022). Penyusunan Modul Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif Berfokus Profil Lulusan Sebagai Upaya Pemberdayaan Mahasiswa Pendidikan Musik. Grenek: Jurnal Seni Musik, 11(1), 1“7.
Salirawati, D. (2007). Teknik penyusunan modul pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sriwiyana, A. &. (2011). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Reza Ginandha Sakti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Grenek: Jurnal Seni Musik agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)