Komposisi Musik ‘Sampaniara’ Karya Amir Pasaribu Dalam Perspektif Musik Modern Indonesia: Unsur Pentatonik dan Elemen Harmoni Tonal
Abstract
Komposisi Musik ‘Sampaniara’ Karya Amir Pasaribu Dalam Perspektif Musik Modern Indonesia: Dengan Unsur Pentatonik Dan Elemen Harmoni Tonal metode dasar menggunakan metode deskriptif kualitatif. Selain itu, metode pendekatan yang dilakukan dengan metode kepustakaan. Komposisi musik Sampaniara teridentifikasi sebagai sebuah komposisi musik modern, karena dari segi bentuk free form dengan pola A A B C B dan Coda, serta unsur pentatonik yang mirip laras pelog sebagai dasar tangganadanya. Dasar harmoni, yang diharmonisir dengan elemen-elemen harmoni tonal barat terkandung didalamnya. Komposisi Sampaniara diciptakan oleh seorang komponis Indonesia yang terkenal Amir Pasaribu dengan ciri khas musik pianonya, Dengan penggunaan tingkat akor (progressi harmoni) dan permainan solois menjadikan komposisi ini sebagai salah satu komposisi musik modern Indonesia lebih unik dan menarik pada masanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Banoe, Pono, 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Ben, D. Ian. Analysis dalam The New Grove Dictionary of Music and Musicians. London, Macmillan Publisher Limited.
Budilinggono, I. 1993. Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Bukofzer, Manfred. 1947. Musik in Baroque Era, NYC: W.W. Norton
Brandt,William E. The comprehensive Study of Musik, vol II: Basic Principle of Musik Theory,(New York: Harper & Row Publisher, Inc. 1980).
Christ William and Delone Richard. 1975. Introduction to Materials and Structure of Musik (Prentice-Hall, Inc, Englewood Cliffs, New Jersey)
Griffiths Paul, 1980. Serialism. The New grove Dict. Of Musik.
Hananto Dwi, Paulus.2011. Jurnal Ilmiah Musik, vol. 2 no.2 Salatiga: Program Studi Musik Fakultas Seni Pertunjukan Universitas Kristen Satya Wacana.
Kamien, Roger. 1988. Music an Appreciation. New York: McGraw-Hill Book Co
Mack Dieter, 1995. Sejarah Musik jilid 3. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
McNeill, RJ. 1998. Sejarah Musik 2. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
McNeill, RJ . 2002. Sejarah Musik 1. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Panggabean, Juliet Ance 2015. Analisa Struktur Komposisi Si Bongkok dengan Sulingnya Karya Amir Pasaribu dan Sumatran Fiesta Karya Ben Pasaribu. Mudra: Jurnal Seni Budaya ISSN 0854- 3461 Volume 30, Nomor 1, Pebruari 2015 p 91 - 104. Institut Seni Indonesia Denpasar, UPT Penerbitan.
Panggabean, Juliet Ance. 2006. Proses Penciptaan Dalam Pengalaman Diri. Jurnal Etnomusikologi vol. 2 no. 1, Mei 2006,p. 1-9 Universitas Sumatera Utara.
Panggabean, Juliet Ance, 2020. Melody Technique Development In The Music Creation Skills As The Prerequisite At The Composition Lecture. Section 2. Study of Art. European Science Review
Scientific journal № 11–12 2020 (November–December) ISSN 2310-5577. https://doi.org/10.29013/ESR-20-11.12-9-17
Pasaribu, Amir. 1986. Analisis Musik Indonesia. Jakarta: PT. Pantja Simpati.
Pratomo, Rizki Dian. 2015. ANALISIS BENTUK STRUKTUR LAGU DAN POLA ARANSEMEN PADA BAND BE SEVEN STEADY DI SEMARANG Skripsi: Program Studi Pendidikan Seni Musik. Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, Dan Musik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Semarang.
Prier SJ, Karl Edmund. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi.
Prier SJ, Karl Edmund. 2004. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
Stein, Leon, 1979. Structure & Style: The Study and Analysis of Musical Forms Expanded Edition. Miami: Summy-Bichard Music.
DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.39256
Article Metrics
Abstract view : 312 timesPDF - 373 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ance Juliet Panggabean, Herna Hirza, Emmi Simangunsong, Junita Batubara, Kamaluddin Galingging
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.