E-Modul Praktikum Seni Musik: Bahan Ajar Digital Berbasis Case Method dan Team Based Project
DOI:
https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.39353Keywords:
E-Modul, Case Method, Team Based ProjectAbstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan bahan ajar berupa e-modul pendidikan seni musik berbasis case method dan team based project. Pembelajaran pemecahan kasus (Case Method) atau pembelajaran kelompok berbasis project (team based project) sebagai bagian bobot evaluasi, menjadikan kegiatan pembelajaran berpusat pada mahasiswa. Materi dan praktik yang disampaikan mesti sinkron dengan isu yang berkembang dimasyarakat sehingga pembelajaran menjadi lebih konkrit kepada hasil pembelajaran yang dapat merefleksikan tujuan, sasaran dan nilai pendidikan yang akan dicapai di sekolah. Pada tahap define (pendefinisian), akan dilakukan analisis kebutuhan, analisis konsep case method dan team based project dan analisis kompetensi, tujuan dan capaian pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dilakukan design (perancangan) e-modul prakttikum pendidikan seni musik. Setelah dirancang, dilanjutkan dengan tahapan development (pengembangan) dengan melakukan 3 kegiatan utama, yaitu: uji validitas, uji implementasi, dan uji efektivitas. Setelah produk dinyatakan valid, praktis, dan efektif dilanjutkan tahap akhir berupa disseminate (penyebaran) produk pada skala yang lebih luasReferences
Franco-santos, M., & Gomez-meija, L. (2015). Team-based incentives: Creating a Culture of Collaboration, Innovation, and Performance. The Compensation Handbook, 6, 199-209.
Hammond, J. (2002). Learning by the Case Method. Harvard Business School, 1-4.
Mack, D. (2001). Pendidikan Musik - Antara Harapan dan Realitas. Bandung: UPI Bandung.
Nugraha, J., Santoso, & Murtono. (2021). Pengembangan Modul Seni Musik Berbasis Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Musik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Siswa Sekolah Dasar. El- Ibtidaiy, 4(2), 189-200.
Pramono, O. (2015). Temukan Sedini Mungkin Keajaiban Potensi Anak Anda. Jakarta: In Azna Books.
Putra, A. D., Putra, I. E., & Ferdian, R. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Teori Musik Pada Prodi Pendidikan Musik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang. Musikolastika, 1(1).
Raharjo, I. B. (2018). Optimalisasi Penciptaan œLagu Model Anak Usia Dini. Promusika, 6(1), 12-21.
Rosidah, C. T., & Pramulia, P. (2021). Team Based Project dan Case Method Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. Mendidik: Jurnal Kahian Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 245-251.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wadiyo, & Utomo, U. (2016). Pengembangan Materi Ajar Seni Budaya Sub Materi Musik pada Sekolah Umum Jenjang Sekolah Dasar. Resital Jurnal Seni Pertunjukan, 17(2), 87-97.
Yunita, A. T., Prasetiyo, A., & Astanta, A. T. (2021). Implementasi Materi Musik Berdasarkan Kurikulum Tematik 2013 Sekolah Dasar di Kecamatan Sewon Bantul Yogyakarta. Promusika, 9(1), 39-50.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Mustika Aulia, Esra Parmian Talenta Siburian, Laurensia Masri Perangin Angin, Try Wahyu Purnomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Grenek: Jurnal Seni Musik agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)