E-Modul Praktikum Seni Musik: Bahan Ajar Digital Berbasis Case Method dan Team Based Project

Sri Mustika Aulia, Esra Parmian Talenta Siburian, Laurensia Masri Perangin Angin, Try Wahyu Purnomo

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan bahan ajar berupa e-modul pendidikan seni musik berbasis case method dan team based project. Pembelajaran pemecahan kasus (Case Method) atau pembelajaran kelompok berbasis project (team based project) sebagai bagian bobot evaluasi, menjadikan kegiatan pembelajaran berpusat pada mahasiswa. Materi dan praktik yang disampaikan mesti sinkron dengan isu yang berkembang dimasyarakat sehingga pembelajaran menjadi lebih konkrit kepada hasil pembelajaran  yang dapat merefleksikan tujuan, sasaran dan nilai pendidikan yang akan dicapai di sekolah. Pada tahap define (pendefinisian), akan dilakukan analisis kebutuhan, analisis konsep case method dan team based project dan analisis kompetensi, tujuan dan capaian pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dilakukan design (perancangan) e-modul prakttikum pendidikan seni musik. Setelah dirancang, dilanjutkan dengan tahapan development (pengembangan) dengan melakukan 3 kegiatan utama, yaitu: uji validitas, uji implementasi, dan uji efektivitas. Setelah produk dinyatakan valid, praktis, dan efektif dilanjutkan tahap akhir berupa disseminate (penyebaran) produk pada skala yang lebih luas


Keywords


E-Modul, Case Method,Team Based Project

Full Text:

PDF

References


Franco-santos, M., & Gomez-meija, L. (2015). Team-based incentives: Creating a Culture of Collaboration, Innovation, and Performance. The Compensation Handbook, 6, 199-209.

Hammond, J. (2002). Learning by the Case Method. Harvard Business School, 1-4.

Mack, D. (2001). Pendidikan Musik - Antara Harapan dan Realitas. Bandung: UPI Bandung.

Nugraha, J., Santoso, & Murtono. (2021). Pengembangan Modul Seni Musik Berbasis Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Musik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Siswa Sekolah Dasar. El- Ibtidaiy, 4(2), 189-200.

Pramono, O. (2015). Temukan Sedini Mungkin Keajaiban Potensi Anak Anda. Jakarta: In Azna Books.

Putra, A. D., Putra, I. E., & Ferdian, R. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Teori Musik Pada Prodi Pendidikan Musik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang. Musikolastika, 1(1).

Raharjo, I. B. (2018). Optimalisasi Penciptaan “Lagu Model” Anak Usia Dini. Promusika, 6(1), 12-21.

Rosidah, C. T., & Pramulia, P. (2021). Team Based Project dan Case Method Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. Mendidik: Jurnal Kahian Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 245-251.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wadiyo, & Utomo, U. (2016). Pengembangan Materi Ajar Seni Budaya Sub Materi Musik pada Sekolah Umum Jenjang Sekolah Dasar. Resital Jurnal Seni Pertunjukan, 17(2), 87-97.

Yunita, A. T., Prasetiyo, A., & Astanta, A. T. (2021). Implementasi Materi Musik Berdasarkan Kurikulum Tematik 2013 Sekolah Dasar di Kecamatan Sewon Bantul Yogyakarta. Promusika, 9(1), 39-50.




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.39353

Article Metrics

Abstract view : 285 times
PDF - 295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Mustika Aulia, Esra Parmian Talenta Siburian, Laurensia Masri Perangin Angin, Try Wahyu Purnomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.