Optimalisasi Fruity Loops Studio Mobile dalam Pembuatan Karya Musik Berbasis Pendidikan Karakter

Try Wahyu Purnomo, Sri Mustika Aulia, Herna Hirza

Abstract


Pendidikan seni musik memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang seimbang dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan individu. Untuk mendukung terciptanya atmosfer pendidikan karakter dalam ranah pembelajaran seni musik, tentunya seorang pendidik harus dapat merancang materi dan juga media pembelajaran yang dapat memupuk nilai-nilai moral dan kreatifitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar terintegrasi dengan aplikasi Fruity Loops Studio Mobile sebagai upaya mengoptimalkan pembelajaran seni musik berbasis pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalam Research and Development dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang menekankan pada pengembangan bahan ajar dengan mengoptimalksan aplikasi fruity loops studio mobile dengan mengacu kepada prinsip pendidikan karakter. Adapun hasil dari penelitian adalah produk bahan ajar yang valid dan praktis sehingga dapat mengoptimalkan pembelajaran musik berbasis Pendidikan karakter. Produk penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan pembelajaran music inovatif dan pembentukan generasi muda yang beretika, bermoral dan kreatif.


Keywords


Pendidikan Musik, Pendidikan Karakter, Fruity Loops Studio Mobile

Full Text:

PDF

References


Andriyanto, R. M. (2020). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Teknologi Musik Melalui Penerapan Pembelajaran Software Digital Audio Workstation. Grenek: Jurnal Seni Musik, 9(2), 15-28. doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v9i2.19392

Andry, J. F., & Tjee, C. (2019). Analisis Minat Mahasiswa Mendengarkan Aplikasi Musik Berbayar Dan

Unduhan Musik Gratis. Journal of Business and Audit Information Systems, 2(2), 9-15. doi:

http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v2i2.1727

Aulia, S. M., Afriadi, P., Virganta, A. L., & Purnomo, T. W. (2021). Optimalisasi Aplikasi Sibelius 7 Dalam Pembelajaran Seni Multi Budaya Berbasis Learning Outcomes. Elementary School Journal, 11(4), 290-299. doi: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.30027

Aulia, S. M., Siburian, E. P., Angin, L. M., & Purnomo, T. W. (2022). E-Modul Praktikum Seni Musik: Bahan Ajar Digital Berbasis Case Method dan Team Based Project. Grenek: Jurnal Seni Musik, 11(2), 140-150. doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.39353

Bohlin, K. E., Farmer, D., & Ryan, K. (2001). Building Character in School Resource Guide. San Fransisco: Josey Bass.

Hidayah, U., & Aprilia, I. (2019). Mengembangkan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Di Sekolah Dasar. Al-Ibtidaiyah, 2(1), 16-26. doi: https://doi.org/10.46773/al%20ibtidaiyah.v2i1.169

Hutagaol, B. C. (2019). Pendidikan Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Musik Angklung Pada Siswa Taman Kanak-Kanak Mayjend Sutoyo SM Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Julianto, I. N., & Cahyani, I. W. (2020). Interaktivitas Ilustrasi pada Ruang Belajar Siswa SD Kelas 1 – 3 di Bali. Jurnal Panggung, 30(4), 588-604. doi: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v30i4.1373

Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Laksono, Y. T. (2017). Penerapan Fruity Loops Sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan aransement Tata Suara. Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), 253-261. doi: https://doi.org/10.25139/jsk.v1i3.337

Lickona, T. (1993). The Return of Character Education. Jakarta: Bumi Aksara.

Minawati, R., & Nursyirwan, N. (2018). Kreativitas Sebagai Strategi Pengembangan Musik Kompang Grup Delima di Bantan Tua Bengkalis. Jurnal Panggung, 28(3), 347-359. doi: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v28i3.507

Mulyadin, M. I. (2019). Pembuatan Ilustrasi Musik Film Melalui Pemanfaatan Fruity Loops Studio di SMKN 1 Kota Sukabumi. Bandung: Repository UPI.

Nulhakim, L., & Berlian, L. (2020). Investigation of multiple intelligence of primary school students. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 101-113. doi: https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.29478

Nuzulia, N. (2020). Pengembangan Lagu Sebagai Media Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas 1 SDN Purwantoro 01 Malang. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 1-20. doi: https://doi.org/10.37216/badaa.v2i1.284

Plomp, T. (2013). Educational Design Research: an Introduction. Netherlands: Netzodruk, Enschede an.

Purnomo, T. W. (2017). Rhythm and Tempo Learning Through The Use of Recorder with Behavioristic Approach (A Case Study In Class V-C At YWKA Bandung Elementary School). Jurnal Panggung, 27(3), 293-307. doi: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v27i3.281

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 35-40. doi: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.330

Sakti, B. P. (2017). Indikator Pengembangan Karakter Siswa. Magistra, 29(101), 1-9.

Sakti, R. G. (2022). Pemanfaatan Buku Elektronik Interaktif (E-Pub) Kewirausahaan dan HKI Sebagai Media Perkuliahan Hybrid Terintegrasi. Grenek: Jurnal Seni Musik, 11(2), 111-118. doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.38750

Saputra, I. K., Sudiarsa, I. W., & Astawan, I. N. (2022). Pemanfaatan FL Studio Sebagai Proses Kreativitas Seni Karawitan (Baleganjur) dimasa Pandemi Pada Komunitas Seni Jari Shidi Dipura Panti Pasek Gel Ge Br. Pembungan Sesetan. Widyanatya, 4(1), 45-62. doi: https://doi.org/10.32795/widyanatya.v4i1

Sugiyono. (2017). Quantitative Research Methods, Qualitative and R & D. Bandung: Alfabeta.

Yuni, Q. F. (2016). Kreativitas Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar: Suatu Tinjauan Konseptual. Elementary, 4(1), 55-77. doi: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1980




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v12i1.39987

Article Metrics

Abstract view : 216 times
PDF - 222 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Try Wahyu Purnomo, Herna Hirza, Sri Mustika Aulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.