Fungsi Penerapan Notasi Berwarna dalam Pembelajaran Piano Dasar pada Anak Usia Prasekolah

Yuniasri Maya Aisyah, Syahrul Syah Sinaga

Abstract


 

Kajian mengenai penerapan warna dalam sebuah notasi musik belum banyak dijumpai di Indonesia. Pembelajaran piano dasar pada umumnya menggunakan notasi balok tanpa warna yang seringkali membuat anak usia prasekolah kesulitan dalam menerapkannya. Terbitnya buku metode Bukumusikku pada tahun 2020 yang menggunakan warna dalam notasinya merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kejenuhan yang dialami oleh anak-anak usia prasekolah dalam pembelajaran piano dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis fungsi notasi berwarna dalam sebuah pembelajaran piano dasar pada anak usia prasekolah. Metode yang digunakan merupakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara pada guru-guru di seluruh Indonesia yang telah memakai Bukumusikku selama lebih dari satu tahun, observasi di Jogja Music School dan Vocaganza, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil yang didapat adalah warna berfungsi sebagai sarana dalam meningkatkan minat dan pemahaman anak dalam membaca notasi balok pada pembelajaran piano dasar. Warna dalam sebuah notasi juga membantu memudahkan anak untuk berlatih instrumennya secara mandiri, walaupun pemahaman secara menyeluruh terhadap keterampilan dasar bermain piano tidak bergantung pada notasi berwarna melainkan proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru.


Keywords


Fungsi, Notasi Berwarna, Pembelajaran Piano Dasar, Anak Usia Prasekolah

Full Text:

PDF

References


Aulia, S. M. (2020). Pendidikan Musik Sebagai Peransang Konsentrasi Anak Autis di Sekolah Autis Ananda Padang. Guru Kita, 5(1), 28–39. doi: https://doi.org/10.24114/jh.v11i2.21953

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Ahmadi.

Baharuddin, B., & Wahyuni, E. N. (2008). Teori belajar dan pembelajaran. Klaten: Lakeisha. http://repository.uin-malang.ac.id/6124/

Caivano, J. L. (1994). Color and Sound: Physical and Psychophysical Relations. Color Research & Application, 19(2), 126–133. doi: https://doi.org/10.1111/j.1520-6378.1994.tb00072.x

Gratia, P. S., Johar, A., & Farady, F. (2015). Pembelajaran Notasi Musik Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Kasus Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Kelas 7 Di Smpn 11 Kota Bengkulu). Universitas Bengkulu, 3(1), 37–43. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/article/view/317/277

Gunsallus-donachy, K. J. (2005). The effective use of manipulatives and color coding in the achievement and application of music reading skills of third grade recorder students. Rowan University.

Hasnida. (2015). Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Luxima Metro Media.

Heru, J. M. (2015). Hitam Putih Piano. Jakarta: Pustaka Muda.

Hopkins, T. (2020). Jam Tabs : a Color Based Notation System for Novice Improvisation. Proceedings of International Conference on Technologies for Music Notation and Representation (TENOR’20), 56–62.

Jacobson, J. M. (2015). Professional Piano Teaching. Los Angleles: Alfred Music.

Keelan, C. (2015). The Pedagogical Applications of Associating Color with Music in Entry Level Undergraduate Aural Skills The Pedagogical Applications of Associating Color with Music in Entry Level Undergraduate Aural Skills. University of Nebraska-Lincoln.

Kelkar, T. (2016). Colour Wheel for Music : Tonal pitch space and Colour Mapping for Ragas. May 2015. doi: https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1327.8880

Kivijärvi, S. (2019). Applicability of an applied music notation system: A case study of Figurenotes. International Journal of Music Education, 37(4), 654–666. doi: https://doi.org/10.1177/0255761419845475

Kuo, Y. T., & Chuang, M. C. (2013). A proposal of a color music notation system on a single melody for music beginners. International Journal of Music Education, 31(4), 394–412. doi: https://doi.org/10.1177/0255761413489082

Lindborg, P., & Friberg, A. K. (2015). Colour Association with Music Is Mediated by Emotion: Evidence from an Experiment Using a CIE Lab Interface and Interviews. PLoS ONE, 10(12). doi: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0144013

Nasution, N., Sari, P. R., & Sastra, S. (2021). Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory Pada Anggota UKM Creative Minority. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 1. doi: https://doi.org/10.29103/jpt.v2i2.3629

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805. doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640

Nurhayati. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Panggabean, M. S. (2021). Analisis Komparatif Pembelajaran Gitar Klasik Metode Trinity dan Metode Yamaha. Grenek: Jurnal Seni Musik, 10(2), 27–42. doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v10i2.27657

Pasaribu, A. S. Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Piano Secara Daring Bagi Anak-Anak Di Purwacaraka Music Studio Yogyakarta. Grenek: Jurnal Seni Musikl, 11(2), 119. doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.39198

Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Rineka.

Purba, E. D. (2021). Media Pembelajaran Solfegio Dimasa Pandemi Covid-19 Prodi Musik FSP ISI Yogyakarta. Grenek: Jurnal Seni Musik, 10(2), 92. doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v10i2.29013

Purnomo, W., & Subagyo, F. (2010). Terampil Bermusik. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rohman, U. (2010). Perkembangan Fisik dan Kognitif pada Masa Kanak-Kanak. Jurnal Buana Pendidikan, 6(11), 43–52.

Rowe, V., Triantafyllaki, A., & Anagnostopoulou, X. (2015). Young pianists exploring improvisation using interactive music technology. International Journal of Music Education, 33(1), 113–130. doi: https://doi.org/10.1177/0255761414540137

Rudiyanto, Y. S. dan. (2005). Pembelajaran Kooperatif Keterampilan Anak TK. Departemen Pendidikan Nasional.

Ruismäki, H., & Tereska, T. (2006). Early childhood musical experiences: Contributing to pre-service elementary teachers’s self-concept in music and success in music education (during student age). International Journal of Phytoremediation, 21(1), 113–130. doi: https://doi.org/10.1080/13502930685209841

Sanyoto, S. E. (2005). Dasar-dasar Tata Rupa & Desain (Nirmana (ed.)). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Sepni, R. N., & Sastra, G. (2015). Dampak Warna terhadap Penguasaan Kanji Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Andalas. 言葉ジャーナル (Jurnal Kotoba), 2(1), 1–15. http://kotoba.fib.unand.ac.id/index.php/kotoba/article/view/25

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwo, S., & Oktaviana, R. (2017). Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory Pada Siswa Kelas Viii Smp N 37 Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 33. doi: https://doi.org/10.19109/psikis.v3i1.1391

Suryadi, S. (2018). Development of Color Notation for Kindergarten Children. 244(Ecpe), 220–224. doi: https://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.49

Suryarasmi, A., & Pulungan, R. (2013). Penyusunan Notasi Musik dengan Menggunakan Onset Detection pada Sinyal Audio. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 7(2), 167. doi: https://doi.org/10.22146/ijccs.3357

Taylor, B., & Jopling, J. (1835). Dr. Brook Taylor’s principles of linear perspective (p. 110). London: M. Taylor.

Uce, L. (2017). The golden age. Jurnal Ar-Rainy, 1(2), 8–10. doi: https://doi.org/10.1042/bio03006008

Ward, J., Tsakanikos, E., & Bray, A. (2006). Synaesthesia for reading and playing musical notes. Neurocase, 12(1), 27–34. doi: https://doi.org/10.1080/13554790500473672

Wichmann, F. A. (2022). The contributions of color to recognition memory for natural scenes. , Vol.28 (3), 509–520. Jurnal Exp. Psychol Learn, 28(3), 509–520. doi: https://doi.org/10.1037/0278-7393.28.3.509




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v12i1.44398

Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 372 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yuniasri Maya Aisyah, Syahrul Syah Sinaga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.