Analisis Penggunaan Metode Hand Sign dalam Pembelajaran Angklung pada Siswa Sekolah Dasar

Neng Nadiana, Riza Fatimah Zahrah, Agus Ahmad Wakih

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi dengan observasi awal pada saat melaksanakan PLP II di SDN 2 Tuguraja Tasikmalaya, terlihat fenomena bahwa peserta didik tidak tertarik terhadap pembelajaran angklung karena dianggap membosankan terhadap pembelajaran angklung. Maka tujuan penelitian mendeskripsikan penggunaan metode hand sign, mendeskripsikan hambatan penggunaan metode hand sign, mendeskripsikan solusi untuk mengatasi hambatan penggunaan metode hand sign dalam pembelajaran angklung. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi secara langsung ke SDN 2 Tuguraja untuk mengetahui penggunaan metode hand sign dalam pembelajaran angklung, wawancara kepada wali kelas, pelatih, serta peserta didik dan dokumentasi sebagai bukti telah melakukan penelitian serta populasi sampel atau responden kepada 6 peserta didik kelas V yang selalu mengikuti latihan pembelajaran angklung di SDN 2 Tuguraja. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa dengan menggunakan metode hand sign dalam proses latihan rutin pembelajaran angklung yaitu dapat memudahkan peserta didik dalam proses latihan pembelajaran angklung, menarik perhatian para peserta didik untuk mengikuti pembelajaran alat musik angklung karena metode hand sign dianggap unik, hal positif yang didapatkan peserta didik dalam mengikuti setiap proses latihan rutin pembelajaran angklung yaitu menanamkan perilaku disiplin, tanggung jawab, kreativitas serta kerjasama. Kesimpulan dari penggunaan metode hand sign dalam pembelajaran angklung dapat memudahkan serta dapat menarik perhatian para peserta didik dalam pembelajaran angklung, hambatan dalam penerapan metode hand sign yaitu peserta didik selalu bercanda, sehingga suasana menjadi ricuh dan tidak efektif, solusi hambatan penerapan metode hand sign pelatih harus senantiasa mengawasi proses latihan pembelajaran angklung, memberi motivasi dan memberi apresiasi.


Keywords


Metode, Hand Sign, Angklung.

Full Text:

PDF

References


Drajat, A. M. (2020). Analisis Penerapan Seni Tradisional Angklung Sered Balandongan Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SDN Balandongan. Skripsi. Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Fadhilah, A. (2018). Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiah Negeri 10 Sleman Yogyakarta. Skripsi. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Herdianti, S. R. (2021). Peranan Bahan Ajar Berbasis Lagu Daerah Pada Pembelajaran Angklung Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 51-61. doi: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32736

Hermawan, D. (2013). Angklung Sunda Sebagai Wahana Industri Kreatif Dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Seni

& Budaya panggung, 23(2), 109-209. doi: https://doi.org/10.26742/panggung.v23i2.95

Hidayatullah, R. (2019). Bahasa Musik Dalam Pembelajaran: Metode Kodaly Sebagai Alat Untuk Berkomunikasi Dalam Ansambel. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 25-34. doi: https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp25-34

Houlahan & Tacka. (2015). Kodaly Today: A Cognitive Approach To Elementary Musik Education (2nded). Oxford University Press

Indrawaty, Y., Ichan, I., & M, E. A. (2013). Pengembangan Simulasi Pola Memainkan Angklung. Jurnal Informatika, 4(2),

-20

Kusumawardani, S & Aulia, N. N. (2020). Analisis Keterampilan Alat Musik Angklung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 116-120. doi: https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4975

Lestari, D. A. (2019). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama pada Anak Kelompok B Melalui Metode Bermain Angklung Di TK Dharma Wanita Persatuan Kertasono Sidayu Gresik. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pangaribuan, J & Hirza, H. (2022). Efektivitas Pengemasan Materi Musik Tradisional Berbasis Edmodo. Grenek: Jurnal Seni Musik, 11(02), 1-16. https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.36938

Pasaribu, D. S & Sinaga, T. (2021). Analisis Bentuk, Makna Dan Fungsi Lagu Rura Silindung Aransemen Erizon Rasin Koto Karya Guru Nahum Situmorang. Grenek: Jurnal Seni Musik, 10(1), 15-28. doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v10i1.23539

Pratiwiyati, D. V. (2018). Penekanan Metode Drill Hand Sign Pada Ekstrakurikuler Pembelajaran Musik Angklung Di SD Negeri 3 Jarakan Yogyakarta. Skripsi. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Purba, D. E & Barus, H. N. (2020). Implementasi Teknik Dasar Instrument Trompet Pada Mahasiswa Prodi Musik, FSP, ISI, Yogyakarta. Grenek: Jurnal Seni Musik, 9(2), 83-94. doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v9i2.20312

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. JPSD, 3(2), 201-214. doi: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140

Rosyadi. (2012). Angklung: Dari Angklung Tradisional Ke Angklung Modern. Juornal of Historical And Cultural Research, 4(1), 25-38. doi: http://dx.doi.org/10.30959/ptj.v4i1.122

Rosydiana, E. (2017). Meningkatkan Kecerdasaran Musik Melalui Permainan Angklung Di Paud Aulia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 53-64. doi: https://doi.org/10.24853/yby.1.2.53-64

Safitri, D. S. (2019). Metode Hand Sign Kodaly Dalam Pembelajaran Musik Angklung Di SDN Sungai Bambu 05 Jakarta Utara. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumaludin, M. M. (2022). Angklung Tradisional Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal. Journal Of History Education, 2(1), 52-65. doi: https://doi.org/10.20527/pby.v2i1.5033

Sunartin, A. A & Setiaji, D. (2020). Pembelajaran Musik Angklung Melalui Metode Hand Sign Kodaly Pada Siswa Tunarungu Di Sekolah Luar Biasa Negeri Ciamis. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan pembelajaran, 4(2), 569-574. doi: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.813

Sutanto, S. T & Firmansyah, A. (2022). Pengembangan Metode Hand Sign Kodaly Pada Simbol Harmoni Tonal Dalam Permainan Ansambel Angklung Diatonis. (JPKS) Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 7(1), 12-22. doi: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v7i1.13332

Swandaru, G. (2014). Upaya Peningkatan Keterampilan Bermain Instrumen Musik Angklung Siswa Kelas B3 Dalam Pembelajaran Angklung Melalui Metode Drill Di TK Dharma Rini Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuliansyah, H. (2021). Meretas Spiritual Desain Angklung. Jurnal Panggung, 31(2), 178-190. doi: https://doi.org/10.26742/panggung.v31i2.1586




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v12i1.45162

Article Metrics

Abstract view : 227 times
PDF - 222 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Neng Nadiana, Riza Fatimah Zahrah, Agus Ahmad Wakih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.