Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Harmoni Manual

Lingga Ramafisela

Abstract


Pembelajaran Harmoni Manual merupakan pembelajaran dalam bentuk teori dan praktik. Pembelajaran ini bertujuan agar mahasiswa dapat memainkan melodi dengan menggunakan iringan secara lancar. Kendala yang dihadapi oleh mahasiswa yaitu banyak diantara mahasiswa yang belum bisa secara langsung memainkan melodi dan mencari akornya sehingga diperlukan metode pembelajaran yang cepat dan tepat untuk memudahkan proses pembelajaran. Metode drill merupakan salah satu cara yang baik dalam mengatasi hal ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan pada saat proses pembelajaran harmoni manual di prodi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta. Proses yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi studi pustaka, observasi, pemilihan sampel, dan wawancara. Metode drill sangat tepat dilakukan dalam pembelajaran harmoni manual karena mahasiswa semakin lancar dalam memainkan melodi dan akor secara cepat dan benar.


Keywords


Harmoni Manual, Metode drill.

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

doi: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Artha, I. K. A. (2021). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Smash Bulutangkis Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa SMP Negeri 4 Busungbiu. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. 7(1), 46-55. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.4420479

Banoe, P. (2003). Pengantar Pengetahuan Harmoni. PT. Kanisius.

Creswell, J. W., & David, C. (2018). Research design qualitative, quantitatif, and mixed methods approach (5th ed). SAGE Publications, Inc.

Ela, L., Istiandini, W., Muniir, A. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Notasi Angka Secara Vokal dengan Metode Drill Pada Siswa SMP. Pendidikan & Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7), 1-11.

doi: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i7.33738

Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Di Prodi Pbsi Ikip Pgri Bojonegoro. Jurnal Education FKIP UNMA, (6)2, 462-468 https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578

Kaestri, V. Y. (2015). Perpaduan Nada‐nada dalam Perspektif Harmoni dan Aplikasinya Terhadap Mahasiswa. Promusika, 3(2), 149-162. doi: https://doi.org/10.24821/promusika.v3i2.1701

Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan sistematis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Mediapsi, 7(2), 119-129. doi: https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.02.4

Pasaribu, A. S. Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Piano Secara Daring Bagi Anak-Anak Di Purwacaraka Music Studio Yogyakarta. Grenek: Jurnal Seni Musik, 11(2), 119-125.

doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.39198

Ramafisela, L. (2021). The Digitization of Web-based Music Theory Modules. Journal of Education Technology. 4(4), 487-494 doi: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29645

Ramafisela, L. (2022). Implementation Of Problem Based Learning Method In Manual Harmony Course At The Music Education Study Program Of FSP ISI Yogyakarta. Jurnal Seni Musik, 11(2), 132-137. doi: https://doi.org/10.15294/jsm.v11i2.60504

Rasmini, N. W. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Metode Drill. Journal of Education Action Research, 4(3), 300-306. doi: https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27229

Saraswati, W., & Hariyanto, E. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Tendangan T Menggunakan Metode Drill Pada Siswa PSHT Ranting Kandangan Cabang Kediri. Sport Science and Health. https://doi.org/10.17977/um062v3i122021p1024-1031

Sepdwiko, D. (2020). Pembelajaran Musik Ansambel Rebana Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 15 Palembang. Jurnal Laga-Laga.6(1), 31-45. doi: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v6i1.1042

Sobah Ch., S. N., Suherman, A., & Wiharna, O. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 247-254. doi: https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9640

Suardiana, I. M. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 5(2), 542-547. doi: https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). Pendampingan pembuatan media pembelajaran Powtoon bagi guru Sekolah Dasar Gugus 1 Kota Bogor. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 95-105. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2140

Sutarni, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Metode Drill. Jurnal Pena Edukasi.

Syafiq, M. (2003). Ensiklopedia Musik Klasik. Adicita

Walidin, W., Saifullah, & ZA, T. (2020). Pengaruh penggunaan pasta labu kuning (cucurbita moschata) untuk substitusi tepung terigu dengan penambahan tepung angkak dalam pembuatan mie kering. Skripsi: Universitas Sebelas Maret




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v12i1.45202

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lingga Ramafisela

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.