Empirisme sebagai Ide Penciptaan Musik Kontemporer Mute
DOI:
https://doi.org/10.24114/grenek.v12i2.49762Keywords:
Mute, Composition, Empirical ContemporaryAbstract
Mute merupakan sebuah hasil karya cipta atau komposisi yang bergenre kontemporer. Arti kata Mute adalah bisu atau arti lainnya dari mute adalah kelu. Ada beberapa hal yang perlu untuk dikaji dalam komposisi Mute ini, yaitu tentang kajian penciptaan karya komposisi musik sebagai penyampaian makna pengalaman empiris bergenre kontemporer dan pengolahan elemen musik kontemporer yang terdiri dari Struktur: permulaan/beginning, kelanjutan/aa, komplikasi/complication, dan resolusi/resolution. Penciptaan karya komposisi musik Mute sebagai penyampaian makna pengalaman empiris bergenre kontemporer dan pengolahan elemen musik kontemporer bertujuan untuk memahami bagaimana kajian penciptaan karya komposisi musik Mute sebagai penyampaian makna pengalaman empiris bergenre kontemporer dan untuk mengetahui bagaimana pengolahan elemen musik Kontemporer. Metode yang digunakan adalah metode dasar yakni metode deskriptif kualitatif Sedangkan Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam berbagai hal antara lain: untuk memberi sumbangan bagi para pembaca atau penelitian lanjutan tentang kajian penciptaan karya komposisi musik Mute sebagai penyampaian makna pengalaman empiris bergenre kontemporer, dan sebagai informasi yang lebih mendalam bagi para pembaca atau penelitian lanjutan tentang pengolahan elemen musik Kontemporer dalam komposisi Mute.References
Adorno, T. W., & Gillespie, S. (1993). Music, language, and composition. The Musical Quarterly, 77(3), 401-414.
Batubara, Junita. (2020). The Rhythm of Birds: A Programmatic Musical Composition about Living in Tanjung Malim. Проблемы Музыкальной Ðауки / Music Scholarship, 2021(2), 116“125. https://doi.org/10.33779/2587-6341.2020.2.116-125
Batubara, Junita. (2021). Destinasi: Kolaborasi Kreatif Musik Digital, Puisi dan Tari. Jurnal Resital, 22(1): 1-11. E-ISSN 2338-6770, DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v22i1
Galingging, K., Panggabean, A. J., Batubara, J., Purba, C. R. (2022). Kajian Struktur dan Bentuk Musik Piano Hungarian Rhapsody No. 2 Karya Frans Liszt Dimainkan oleh Yannie Tan. Jurnal Panggung V.32/N4/12/22DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v32i4.2299
Hartoko, Dick. (1984). Manusia dan Seni. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. http://surl.li/oaoyy
Hernandez-Olivan, Carlos & Jose R. Beltran. (2021). Music Composition With Deep Learning: A Review. Advances in speech and music technology: computational aspects and applications, 25-50. https://doi.org/10.48550/arXiv.2108.12290
Indrawan, Andre. (2011). Struktur Dan Gaya. Studi Dan Analisis Bentuk-Bentuk Musikal. (Edisi Perluasan) terjemahan dari judul asli œStructure and Style; The Study and Analysis of Musical Forms (Expanded Edition)Stein, Leon, 1979. Miami: Summy-Bichard Music. Yogyakarta: UPT Perpustakaan: Institut Seni Indonesia. http://lib.isi.ac.id/
Panggabean, A. J. (2006.) Proses Penciptaan dalam Pengalaman Diri. Medan. Jurnal Etnomusikologi, 2(1), 1-9. Universitas Sumatera Utara. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/15262
Panggabean, A. J. (2020). Melody Technique Development In The Music Creation Skills As The Prerequisite At The Composition Lecture. European science review, (11-12), 9-17. DOI: 10.29013/ESR-20-11.12-9-17.
Panggabean, A. J. (2022). Bentuk Dan Konstruksi Komposisi Musik Modern ˜Tjapung Ketjipung Di Tjikapundung™ Karya Amir Pasaribu. Jurnal VISH, 3(1) https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/humaniora/article/view/538/650
Panggabean, Ance. (2006). Proses Penciptaan Dalam Pengalaman Diri (https://www.etnomusikologiusu.com/uploads/1/8/0/0/1800340/ancepanggabeanproses.pdf)
Sihite, J., Batubara, J., Pasaribu, A. N., & Galingging, K. (2022). Perbahasan Musikal dan Lingual dalam Penerjemahan Andung Tonggo Raja: Ditinjau dari Melodi dan Kountur. Panggung, 32(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ken Steven, Ance Juliet Panggabean, Ariston Batee, Devito Valentino Sitindaon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Grenek: Jurnal Seni Musik agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)