Empirisme sebagai Ide Penciptaan Musik Kontemporer Mute
Abstract
Mute merupakan sebuah hasil karya cipta atau komposisi yang bergenre kontemporer. Arti kata Mute adalah bisu atau arti lainnya dari mute adalah kelu. Ada beberapa hal yang perlu untuk dikaji dalam komposisi Mute ini, yaitu tentang kajian penciptaan karya komposisi musik sebagai penyampaian makna pengalaman empiris bergenre kontemporer dan pengolahan elemen musik kontemporer yang terdiri dari Struktur: permulaan/beginning, kelanjutan/aa, komplikasi/complication, dan resolusi/resolution. Penciptaan karya komposisi musik Mute sebagai penyampaian makna pengalaman empiris bergenre kontemporer dan pengolahan elemen musik kontemporer bertujuan untuk memahami bagaimana kajian penciptaan karya komposisi musik Mute sebagai penyampaian makna pengalaman empiris bergenre kontemporer dan untuk mengetahui bagaimana pengolahan elemen musik Kontemporer. Metode yang digunakan adalah metode dasar yakni metode deskriptif kualitatif Sedangkan Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam berbagai hal antara lain: untuk memberi sumbangan bagi para pembaca atau penelitian lanjutan tentang kajian penciptaan karya komposisi musik Mute sebagai penyampaian makna pengalaman empiris bergenre kontemporer, dan sebagai informasi yang lebih mendalam bagi para pembaca atau penelitian lanjutan tentang pengolahan elemen musik Kontemporer dalam komposisi Mute.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adorno, T. W., & Gillespie, S. (1993). Music, language, and composition. The Musical Quarterly, 77(3), 401-414.
Batubara, Junita. (2020). The Rhythm of Birds: A Programmatic Musical Composition about Living in Tanjung Malim. Проблемы Музыкальной Науки / Music Scholarship, 2021(2), 116–125. https://doi.org/10.33779/2587-6341.2020.2.116-125
Batubara, Junita. (2021). Destinasi: Kolaborasi Kreatif Musik Digital, Puisi dan Tari. Jurnal Resital, 22(1): 1-11. E-ISSN 2338-6770, DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v22i1
Galingging, K., Panggabean, A. J., Batubara, J., Purba, C. R. (2022). Kajian Struktur dan Bentuk Musik Piano Hungarian Rhapsody No. 2 Karya Frans Liszt Dimainkan oleh Yannie Tan. Jurnal Panggung V.32/N4/12/22DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v32i4.2299
Hartoko, Dick. (1984). Manusia dan Seni. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. http://surl.li/oaoyy
Hernandez-Olivan, Carlos & Jose R. Beltran. (2021). Music Composition With Deep Learning: A Review. Advances in speech and music technology: computational aspects and applications, 25-50. https://doi.org/10.48550/arXiv.2108.12290
Indrawan, Andre. (2011). Struktur Dan Gaya. Studi Dan Analisis Bentuk-Bentuk Musikal. (Edisi Perluasan) terjemahan dari judul asli “Structure and Style; The Study and Analysis of Musical Forms (Expanded Edition)”Stein, Leon, 1979. Miami: Summy-Bichard Music. Yogyakarta: UPT Perpustakaan: Institut Seni Indonesia. http://lib.isi.ac.id/
Panggabean, A. J. (2006.) Proses Penciptaan dalam Pengalaman Diri. Medan. Jurnal Etnomusikologi, 2(1), 1-9. Universitas Sumatera Utara. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/15262
Panggabean, A. J. (2020). Melody Technique Development In The Music Creation Skills As The Prerequisite At The Composition Lecture. European science review, (11-12), 9-17. DOI: 10.29013/ESR-20-11.12-9-17.
Panggabean, A. J. (2022). Bentuk Dan Konstruksi Komposisi Musik Modern ‘Tjapung Ketjipung Di Tjikapundung’ Karya Amir Pasaribu. Jurnal VISH, 3(1) https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/humaniora/article/view/538/650
Panggabean, Ance. (2006). Proses Penciptaan Dalam Pengalaman Diri (https://www.etnomusikologiusu.com/uploads/1/8/0/0/1800340/ancepanggabeanproses.pdf)
Sihite, J., Batubara, J., Pasaribu, A. N., & Galingging, K. (2022). Perbahasan Musikal dan Lingual dalam Penerjemahan Andung Tonggo Raja: Ditinjau dari Melodi dan Kountur. Panggung, 32(2).
DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v12i2.49762
Article Metrics
Abstract view : 106 timesPDF - 186 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ken Steven, Ance Juliet Panggabean, Ariston Batee, Devito Valentino Sitindaon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.