Tinjauan Musikalitas: Penyajian Lagu Tondi-Tondiku Karya Herbert Aruan oleh Style Voice dan Sanga Pajumpang Band

Emmi Simangunsong, Ronald Heriko Saragih, Elvita Uli Purba, Samuel Suranta Sembiring, Anggi Tambunan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyajian  lagu Tondi-tondiku karya Herbert Aruan yang dinyanyikan oleh Style Voice dan Band Sanga Pajumpang.  Lagu Tondi-tondiku diciptakan tahun 2019 yang  menceritakan tentang ungkapan perasaan kasih sayang orangtua kepada anak perempuannya yang semata wayang.  Herbert Aruan  memilih kata-kata secara cermat karena kata-kata yang ditulis dipertimbangkan kekuatan maknanya bagi masyarakat Batak Toba. Lagu Tondi-tondiku sangat populer pada masyarakat Batak khususnya Batak Toba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk  lagu Tondi-tondiku adalah ternary form atau lagu tiga bagian (bentuk A, A, B, C) yang terdiri dari Aa, Ab, Aa, Ab, Ba, Ba’, Ca, Ca’.  Penyajian grup Style Voice dinyanyikan dalam bentuk trio dengan iringan keyboard, saxophone sopran, gitar elektrik, gitar bass, drum, violin. Penyajian grup Sanga Pajumpang dinyanyikan secara solo dengan iringan keyboard, gitar elektrik, bass elektrik, string, drum-set dan sequencer. Style Voice membawakan lagu dengan tonalitas Cis Mayor dengan tempo stabil 70 bpm.  Sanga Pajumpang membawakannya dengan tonalitas C Mayor dengan tempodinamis 70-73 bpm.  Dari segi penyajian vocal Style Voice menyanyikannya dengan suara lebih tegas; Sanga Pajumpang menyanyikannyadengan lebih vibrato. Analisis musikalitas lagu Tondi-tondiku oleh Style Voice dilakukan penulis berdasarkan hasil rekaman di studio dan hasilnya sesuai dengan rencana yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Penyajian  Sanga Pajumpang berdasarkan penyajian  secara virtual dan  hasil penyajian instrumen musiknya memberi ruangdan waktu kepada pemain menghasilkan ritme yang lebih bervariasi.


Keywords


Penyajian, Lagu Tondi-Tondiku, Bentuk Lagu, Musikalitas.

Full Text:

PDF

References


Arsola, P., Rafiloza., N.S. (2021). Pacu Itiak Sebagai Sumber Penciptaan Komposisi “SRIPANGGUNG”. Grenek: Jurnal Seni Musik, 10(2), 1-16. Doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v10i2.27428

Beard, David dan Gloag, Kenneth. (2015). Musicology The Key Concepts. USA. New York: Routledge. https://shorturl.asia/IdqOF

Djelantik, A.M. (1999). Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Penerbit Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia. https://cir.nii.ac.jp/crid/1130282268592721152

Moleong, Lexy. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung. https://cir.nii.ac.jp/crid/1130000793890148864

Panggabean, A.J., Hirza, H., Simangunsong, E., Batubara, J., & Galingging, K. (2022). Komposisi Musik ‘Sampaniara’ Karya Amir Pasaribu Dalam Perspektif Musik Modern Indonesia: Unsur Pentatonik dan Elemen Harmoni Tonal. Grenek: Jurnal Seni Musik, 11(2), 1-16. Doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.39256

Pasaribu, D.S., Sinaga, T. (2021). Analisis Bentuk, Makna dan Fungsi Lagu Rura Silindung Aransemen Erizon Rasin Koto Karya Guru Nahum Situmorang. Grenek: Jurnal Seni Musik, 10(1), 15-28. Doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v10i1.23539

Prier, Karl-Edmund Sj. (1996). Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi. https://doi.org/10.26740/vt.v1n1.p24-29

Purnomo, T.W., Aulia, S.M. (2021). Analisis Lagu Mudiak Arau Dalam Pertunjukan Talempong Pacik Ikua Parik Kanagarian Limbanang. Grenek: Jurnal Seni Musik, 10(1), 46-59. Doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v10i1.24891

Satria, E. (2022). Aransemen Sholawat Syi’ir Tanpo Waton: Sebuah Proses Kreatif. Grenek: Jurnal Seni Musik, 11(1), 55-67. Doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v10i1.24891

Sitinjak, D.N., Hirza, H. (2023). Makna Lagu Permainan Tradisional Budaya Martumba di Sanggar Jolo New Samosir. Grenek: Jurnal Seni Musik, 12(1), 24-36. Doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v10i2.29170

Stein, Leon.(1979). Structure and Style. Princetown, New Jersey: Summy Bichard Music. https://search.worldcat.org/formats-editions/4076556

Utami, R. (2023). Eksplorasi Visual dan Koreografi dalam Film “Anima” pada Album Komposisi Musik Thom Yorke. Grenek: Jurnal Seni Musik, 12(1), 93-101. Doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v12i1.45367

Warsono. (2021). Peran Trend Musik Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Pada Becak Hias Di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar. Grenek: Jurnal Seni Musik, 10(2), 105-112. Doi: https://doi.org/10.24114/grenek.v10i2.29170

Widhyatama. (2012). Music an Appreciation. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v12i2.54074

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Emmi Simangunsong, Ronald Heriko Saragih, Elvita Uli Purba,Samuel Suranta Sembiring, Anggi Tambunan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.