Teknik Miking Spaced Pair: Penggunaan Mikrofon dalam Proses Rekaman Instrumen Baby Grand Piano
Abstract
Piano merupakan instrumen akustik dengan organologi dan konstruksi bunyi yang rumit. Proses rekaman instrumen piano terutama pada baby grand piano memiliki berbagai opsi dan alternatif yang perlu untuk diujicobakan. Pianis dan sound engineer yang dalam penelitian ini disasarkan oleh mahasiswa, belum mengetahui secara yakin akan proses perekaman dan teknik miking. Oleh karena itu, menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teknik spaced pair dan penggunaan mikrofon dalam proses rekaman instrumen baby grand piano yang dilakukan di Ruang Piano Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas Tanjungpura. Metode kualitatif dengan strategi studi kasus mencoba mengungkap penelitian semi eksperimen ini secara naratif. Temuan data penelitian yang menggunakan aktivitas maupun tindakan proses rekaman serta observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudiaan ditindak dalam kesahihan data secara perpanjangan pengamatan dan triangulasi sumber. Penulisan hasil penelitian dikonstruksi berdasarkan model interaktif. Tuaian ujicoba teknik miking spaced pair dari penelitian ini menempatkan posisi kedua sebagai pilihan terbaik dan benar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rekaman pada EQ FLS yang menerangkan gelombang frekuensi stabil pada aspek lower, middle, dan high secara stabil dan kuat serta penggunaan mikrofon kondensor stereo. Penelitian ini memiliki kekuatan untuk menambah literasi akan teknik miking, penggunaan mikrofon, dan proses perekaman instrumen musik akustik bagi pianis, sound engineer, maupun mahasiswa yang memiliki keterampilan serupa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anonymous. (2015). How to Mic A Grand Piano. DPA Microphones. https://www.dpamicrophones.com/mic-university/how-to-mic-a-grand-piano
ArtSonica. (2014). Teknik Miking Spaced Pair pada Grand Piano. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=ZcX2nrmtimE
Creswell, J. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th editio). SAGE Publication, Inc. DOI: 10.5539/ELT.V12N5P40
Dain, R. (2024). Article on the History of Piano Development. Phoenix Pianos. https://www.phoenixpianos.co.uk/development/
Darmawan, A. (2017). Teknik Miking Dalam Proses Rekaman Gitar Akustik Taylor. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA/article/view/9241/3032
Drew. (2023). Baby Grand vs Grand Piano: What’s the Difference? Family Piano Co. https://familypiano.com/blog/baby-grand-vs-grand-piano/
Fox, A. (2019). What Is A Spaced Pair Of Microphones? (With 3 Techniques). mynewmicrophone.com. https://mynewmicrophone.com/what-is-a-spaced-pair-of-microphones-with-3-techniques/
Kharoris, S. G., & Satria, E. (2023). Penggunaan Teknik Miking XY Pada Sesi Perekaman Lagu Aduhai Indonesia Untuk Nabila Rahmat Gitar Duo di Fisella. IDEA:Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(1), 525–535. https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA/article/view/9241
Liliyana, T., IGN, A., & Grace, M. (2016). Perancangan Interior Sekolah Musik Surabaya Symphony Orchestra di Surabaya. Jurnal Intra, 4(2), 1–10. https://publication.petra.ac.id/index.php/desain-interior/article/view/4678/4292
Mathias, K. (2024). Stereo Microphone Techniques: The Ultimate Guide. Audio University.
Miles, M., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd editio). SAGE Publication, Inc. https://g.co/kgs/gNzp9KW
Mistyca, R. (2021). Bagian-Bagian Piano yang Kamu Harus Tahu. Ensiklomusika Music School. https://id.ensiklomusika.com/post/bagian-bagian-piano-yang-kamu-harus-tahu-1
Okta, L., R. Sitorus, E., & Ratnawati Yuwono, D. (2018). Proses Penalaan Piano di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta. Promusika, 5(2), 53–67. https://doi.org/10.24821/promusika.v5i2.2287
Pasaribu, A. S. Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Piano Secara Daring Bagi Anak-Anak Di Purwacaraka Music Studio Yogyakarta. Grenek Music Journal, 11(2), 119–125. https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.39198
Putra, Z. A. W. (2023). Revitalization Analysis of Forms , Songs , and Functions of Presenting Traditional Music Srawung Krumpyung in Kulon Progo Regency. Grenek: Jurnal Seni Musik, 12(1), 44–52. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/grenek.v12i1.42065
Rikardo, S., Jaenudin, J., & Zaira, J. Y. (2015). Robot Pemain Piano. Jurnal Elektro dan Mesin Terapan, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.35143/elementer.v1i1.14
Rizki, K. M., Maulana, R., & Kurniawan, W. (2018). Implementasi Sensor Piezoelectric Sebagai Prototype Alat Musik Piano Berbasis Arduino UNO. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(11), 4564–4571. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2995
Rosenberg, N. (2022). Miking The Grand Piano. Recording: The Magazine for the Recording Musician.
Salam, H. (2023). Jenis dan Posisi Mikrofon yang digunakan pada Instrumen Piano.
Strong, J. (2009). Home Recording For Musicians (3rd editio). Wiley Publishing, Inc. https://g.co/kgs/safmF61
Tarigan, P. D. L., & Hirza, H. (2019). Piano Learning Of Blind Children In Extracurricular Program At SLB-A Karya Murni Medan. Grenek Music Journal, 8(2), 104. https://doi.org/10.24114/grenek.v8i2.14294
Vanacoro, M. (2019). 4 Stereo Microphone Recording Techniques. Samson. https://samsontech.com/blog/4-stereo-microphone-recording-techniques/
Wibowo, T. A. (2019). Persepsi Pengaturan Sound System Pada Pertunjukan Campursari Ringkes di Nogosari, Boyolali. Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik: SURAI, 12(2), 105–119. https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/SOR/article/view/2833
Wibowo, Y. C. (2023). Proses Rekaman pada Instrumen Piano.
Yamaha. (2024). Kisah Penemuan Piano. id.yamaha.com/products. https://id.yamaha.com/id/products/contents/musical_instrument_guide/piano/structure/index.html
DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v13i1.56469
Article Metrics
Abstract view : 155 timesPDF - 108 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Zakarias Aria Widyatama Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.