Persepsi Multisensori dalam Proses Pembentukan Ekspresi Musikal Musisi

Authors

  • Henry Yuda Oktadus Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/grenek.v13i1.56620

Keywords:

Persepsi Lintas Modal, Ekspresi Musikal Musisi, Temporalitas Emosi Musikal

Abstract

Keputusan ekspresi musisi merupakan aspek vital yang menentukan keberhasilan musisi dalam komunikasi musikal antara komponis, pemain, dan pendengar. Dengan demikian selain keterampilan teknis untuk mengeksekusi notasi, musisi juga memerlukan wawasan mengenai aspek-aspek apa saja yang terlibat dalam membuat keputusan ekspresi yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi peran perspsi silang modal dalam proses pembentukan ekspresi musikal musisi. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara semi tersetruktur terhadap 5 orang musisi berpengalaman meliputi 3 orang gitaris dan 2 orang cellist untuk mengungkap berbagai aspek selama proses pembentukan ekspresi musikal. Pengkodean deduktif dilakukan pada data transkrip, selanjutnya dihimpun ke dalam gugus-gugus tema yang diturunkan dari kerangka konseptual. Ditemukan tiga urutan proses yang terjadi selama pembentukan ekspresi pemain: pertama keputusan ekspresif musisi hampir selalu didorong oleh rekognisi emosi mereka terhadap struktur musik, di mana tensi emosi yang dirasakan akan secara dinamis berubah mengikuti kemiripan ikonikal struktur musik. Kedua, dimensi temporal yang melekat pada musik menyebabkan kategori emosi dasar seperti sedih, gembira, marah, takut, tidak memadai dalam mengakomodasi rekgonisi emosi yang ditangkap musisi dari notasi dan struktur musik. Ketiga, persepsi silang modal berperan sebagai cara menangkap keutuhan muatan emosi yang direkognisi musisi pada struktur musik. Berdasarkan hal itu keputusan ekspresi musikal (pengaturan parameter akustik) dibentuk berdasarkan kemiripan tensi emosi antara persepsi auditori dengan modalitas lainnya: dalam studi ini gerak benda (kinsetetik) dan pencahayaan (visual) menjadi referensi perseptual yang paling sering diacu narasumber.

Author Biography

Henry Yuda Oktadus, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Indonesia

Tenaga Pengajar Prodi Pendidikan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta

References

Clarke, E. F. (2005). Creativity in performance. Musicae Scientiae, 9(1), 157“182. https://doi.org/10.1177/102986490500900106

Crisinel, A. S., & Spence, C. (2012). A fruity note: Crossmodal associations between odors and musical notes. Chemical Senses, 37(2), 151“158. https://doi.org/10.1093/chemse/bjr085

Demos, A. P., Chaffin, R., & Logan, T. (2018). Musicians body sway embodies musical structure and expression: A recurrence-based approach. Musicae Scientiae, 22(2), 244“263. https://doi.org/10.1177/1029864916685928

Giordano, B. L., Egermann, H., & Bresin, R. (2014). The production and perception of emotionally expressive walking sounds: Similarities between musical performance and everyday motor activity. PLoS ONE, 9(12), 1“24. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0115587

Guetta, R., & Loui, P. (2017). When music is salty: The crossmodal associations between sound and taste. PLoS ONE, 12(3), 1“14. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0173366

Hanxi, L. (2023). Musical Expression in Music Performance and Its Enhancement Pathway. Frontiers in Art Research, 5(13), 87“92. https://doi.org/10.25236/far.2023.051316

Juslin, P dan Sloboda, J. (2001). Psychological Perspective on Music and Emotion. In J. Juslin, P dan Sloboda (Ed.), Music And Emotion: Theory and research (pp. 71“104). Oxford University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1093/oso/9780192631886.001.0001

Juslin, P. (2001). Communicating Emotion in Music Performance: A Review and Theoritical Framework. In J. Juslin, P dan Sloboda (Ed.), Music And Emotion: Theory and research (pp. 310“337). Oxford University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1093/oso/9780192631886.001.0001

Lindborg, P., & Friberg, A. K. (2015). Colour Association with Music Is Mediated by Emotion: Evidence from an Experiment Using a CIE Lab Interface and Interviews. PLoS ONE, 10(12), 1“26. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0144013

Luck, Geoff & Toiviainen, P. (2006). Ensemble musicians™ synchronization with conductors™ gestures: An automated feature-extraction analysis. Music Perception, 24(2), 189“199. https://doi.org/https://doi.org/10.1525/mp.2006.24.2.189

MacRitchie, J., Buck, B., & Bailey, N. J. (2013). Inferring musical structure through bodily gestures. Musicae Scientiae, 17(1), 86“108. https://doi.org/10.1177/1029864912467632

Miles B.Matthew & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (R. Holland (ed.); Second Edi). SAGE Publications, Inc.

Müller, V. I., Cieslik, E. C., Turetsky, B. I., & Eickhoff, S. B. (2012). Crossmodal interactions in audiovisual emotion processing. NeuroImage, 60(1), 553“561. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2011.12.007

Oktadus, Y. H. (2019). Asosiasi pengalaman keseharian musisi dengan interpretasi musikal (studi kasus repertoar capricho arabe karya f. Tarrega). Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Peltola, H. R., & Saresma, T. (2014). Spatial and bodily metaphors in narrating the experience of listening to sad music. Musicae Scientiae, 18(3), 292“306. https://doi.org/10.1177/1029864914536199

Pitteri, M., Marchetti, M., Priftis, K., & Grassi, M. (2017). Naturally together: pitch-height and brightness as coupled factors for eliciting the SMARC effect in non-musicians. Psychological Research, 81(1), 243“254. https://doi.org/10.1007/s00426-015-0713-6

Simangunsong, E., Saragih, R. H., Purba, E. U., Sembiring, S. S., & Tambunan, A. (2023). Tinjauan Musikalitas: Penyajian Lagu Tondi-Tondiku Karya Herbert Aruan oleh Style Voice dan Sanga Pajumpang Band. Grenek Music Journal, 12(2), 218. https://doi.org/10.24114/grenek.v12i2.54074

Taipale, J. (2015). Empathy and the Melodic Unity of the Other. Human Studies, 38(4), 463“479. https://doi.org/10.1007/s10746-015-9365-1

Thompson, M. R., & Luck, G. (2012). Exploring relationships between pianists™ body movements, their expressive intentions, and structural elements of the music. Musicae Scientiae, 16(1), 19“40. https://doi.org/10.1177/1029864911423457

Van Zijl, A. G. W., & Luck, G. (2013). Moved through music: The effect of experienced emotions on performers™ movement characteristics. Psychology of Music, 41(2), 175“197. https://doi.org/10.1177/0305735612458334

Van Zijl, A. G. W., & Sloboda, J. (2011). Performers™ experienced emotions in the construction of expressive musical performance: An exploratory investigation. Psychology of Music, 39(2), 196“219. https://doi.org/10.1177/0305735610373563

Woolfe, Z. (2018). Yo-Yo Ma Wants Bach to Save the World. New York Times. https://www.nytimes.com/2018/09/28/arts/music/yo-yo-ma-bach-suites.html

Downloads

Published

2024-06-18