Efektivitas Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan pada Anak Sekolah

Epanggelia Loina Sitepu, Herna Hirza

Abstract


Kecemasan merupakan kondisi umum yang sering terjadi pada kondisi sosial. Cemas pada anak muncul karena disebabkan oleh adanya tekanan atau gangguan yang tidak menyenangkan. Tujuan dari Penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas dari terapi musik klasik terhadap perubahan kecemasan pada anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Pra-Eksperimental dengan menggunakan pendekatan metode One Group pre-post test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner serta menggunakan uji statistik Paired Sample t Test yang dibantu oleh SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stress sebelum dilakukan terapi musik klasik rata-rata termasuk ke dalam kategori kecemasan sedang yaitu 66.47. Setelah dilakukan terapi musik klasik rata-rata tingkat kecemasan mengalami penurunan menjadi 59.60. Berdasarkan dari hasil uji Paired Sample t Test menunjukkan bahwa nilai p value 0.000 < α 0.05 sehingga Ha diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh dari pemberian terapi musik klasik terhadap perubahan tingkat kecemasan pada anak sekolah.


Keywords


Kecemasan; Terapi Musik; Musik Klasik

Full Text:

PDF

References


Damanik, Sri Melfa & Sitorus, Erita. (2019). Buku Materi Pembelajaran KeperawatanAnak. Jakarta: Universitas Kristen Indonesia

Djohan. (2020). Psikologi Musik. Yogyakarta: Best Publisher.

Eisenberg, N., Spinrad, T. L., & Eggum, N. D. (2010). Emotion-related self-regulation and its relation to children's maladjustment. Annual review of clinical psychology, 6(1), 495-525. doi: https://doi.org/10.1146%2Fannurev.clinpsy.121208.13120

Hidayatullah, Riyan & Hasymkan. (2016). Dasar-Dasar Musik. Yogyakarta : Arttex

Hirza, Herna. (2020). Therapeutic Music Creation Based on Soundscape of North Sumatra as a Media for Relaxation amid the Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4), 2731-2742. doi : https://doi.org./10.33258/birci.v3i4.1283

Kazemi, S., Ghazimoghaddam, K., Besharat, S., & Kashani, L. (2012). Music and anxiety in hospitalized children. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 6(1), 94-96. doi: http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-

Santrock, John. (2012). Perkembangan Masa Hidup. Bandung: Erlangga.

Simamora, M., Gulo, A. R. B., Pardede, J. A., & Putri, R. A. (2022). Terapi Bermain Lilin dan Musik terhadap Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi. Jurnal Keperawatan Jiwa, 10(1), 211-218. https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.211-218

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : Alfabeta

Suroso, Panji. (2022). Pembelajaran Seni Budaya Dengan Menggunakan Media Virtual Reality (Vr) Pada Tingkat Satuan Sma Berbasis Local Wisdom Sumatera Utara. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 6(1), 182. doi: https://doi.org/10.24114/gondang.v6i1.35852

Taylor, Shelley E. (2018). Health Psychology. New York : Mc Graw-Hill Education.

Widiastuti, Uyuni. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Musikal Terhadap Hasil Belajar Harmoni I dengan Mengontrol Pengetahuan Awal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik Unimed. (Doctoral Thesis, Universitas Negeri Medan). https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40323/




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v13i2.58013

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Epanggelia Loina Sitepu, Herna Hirza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
slot gacor slot