Program Musik Islami: Solusi untuk Tantangan Psikososial Siswa MTsN 1 Lima Puluh Kota

Uswatul Hakim, Harisnal Hadi, Hengki Armez Hidayat

Abstract


Remaja dan pelajar merupakan kelompok yang rentan terhadap masalah psikologis dan sosial, termasuk kesehatan mental, kenakalan remaja, serta pengaruh media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan psikososial yang dihadapi pelajar di MTsN 1 Lima Puluh Kota serta mengevaluasi intervensi preventif dan kuratif melalui program musik Islami, sebagai bagian dari Program Kemitraan Masyarakat oleh Universitas Negeri Padang. Pendekatan kualitatif deskriptif dan partisipatoris digunakan untuk menggali tantangan seperti kecemasan akibat tekanan akademik, isolasi sosial, dan dampak negatif media sosial. Intervensi musik Islami terbukti efektif dalam mengurangi perilaku kenakalan, meningkatkan interaksi sosial, serta menyediakan sarana ekspresi diri yang positif. Guru dan kepala sekolah berperan penting dalam mendukung program ini, yang juga meningkatkan dinamika sosial di sekolah. Triangulasi data dari wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan observasi memperkuat temuan bahwa musik Islami memiliki dampak signifikan dalam mendukung perkembangan remaja. Rekomendasi mencakup ekspansi program ke sekolah lain, pelatihan bagi guru, serta kolaborasi yang lebih erat antara sekolah dan perguruan tinggi.


Keywords


Remaja; Musik Islami; Intervensi Preventif; MTsN 1 Lima Puluh Kota

Full Text:

PDF

References


Aqiilah, D., As, D. S., & Fauzi, A. (2023). Dampak Media Sosial Terhadap Tindak Kenakalan Remaja. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6, 1–7. https://doi.org/10.33627/es.v6i1.1176

Ardiansyah, F., Muqorona, M. W., Nurahma, F. Y., & Prasityo, M. D. (2023). Strategi Penanganan Pelecehan Seksual di Kalangan Remaja: Tinjauan Literatur. Jurnal Keperawatan Klinis Dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal), 7(2), 81. https://doi.org/10.22146/jkkk.78215

Arsini, Y., Azzahra, H., Tarigan, K. S., & Azhari, I. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Remaja. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 3(2), 50–54. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v3i2.370

Ayub, M., & Sulaeman, S. F. (2023). Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 21–28. http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v7i1.14610

Cahyani, N. P. (2023). Terapi Musik: Mengoptimalkan Pengobatan Tradisional dengan Pendekatan Holistik pada Remaja. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(06), 452–461. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i6.433

Ediati, A. (2015). Profil Problem Emosi/ Perilaku Pada Remaja Pelajar SMP-SMA Di Kota Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 14(2), 190–198. https://doi.org/10.14710/jpu.14.2.190-198

Fatimah, R. A., dkk. (2022). Optimalisasi Seni Musik Dalam Pendidikan Islam. Melayu Arts and Performance Journal, 5(2), 122-131. http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v5i2.3141.g1196

Melina, S. A., & Herbawani, C. K. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Remaja Selama Pandemi Covid-19 : Tinjauan Literatur. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 21(4), 286–291. https://doi.org/10.14710/mkmi.21.4.286-291

Merdekawaty, A. (2018). Peran guru dalam menanggulangi kenakalan remaja. Jurnal Pendidikan, 2(2), 77–86. http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/download/772/743

Musa, M., El Widdah, M., & Yusuf, M. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Hambatan Psikologis Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tempuling Kabupaten Indra Giri Hilir (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Profil Kesehatan. (2023). Ada 985 Kasus Bunuh Diri Remaja, Kesehatan Mental Penyebab Utama. Kompas. https://lestari.kompas.com/read/2023/12/17/162703186/ada-985-kasus-bunuh-diri-remaja-kesehatan-mental-penyebab-utama?page=all

Qutni, D. (2018). Efektivitas Integrasi Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi di SMP Daarul Qur’an Internasional Tangerang Internasional Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an). TAHDZIBI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 101–116. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.103-116

Setiawati, M. (2014). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja, 13. https://doi.org/10.33050/cices.v8i2.2105

Syarifani, N. (2024). Implikasi Music therapy sebagai bentuk katarsis dan relaksasi emosi (Implications of Music Therapy as a Form of Catharsis and Emotional Relaxation). Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 8(1), 1-11. 10.30762/happiness.v8i1.2136

Tarigan, C. M. (2017). Mendengar Musik Sebagai Stimulus Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja. Pelita Kebenaran, 6(65), 79–91. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i1.3483




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v13i2.63665

Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Uswatul Hakim, Harisnal Hadi, Hengki Armez Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
slot gacor slot