Eksplorasi Extended Technique Vokal Aceh dengan Sentuhan Musik Elektronik dalam Upaya Memperkuat Rasa Identitas Budaya Lokal Aceh

Authors

  • Erlinda Erlinda Institut Seni Budaya Indonesia Aceh, Indonesia
  • Abdul Rozak Institut Seni Budaya Indonesia Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/grenek.v14i1.65489

Keywords:

Vokal Aceh, Extended Technique, Musik Elektronik, Identitas Budaya, Musik Tradisional

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan teknik vokal perluasan (extended vocal techniques) dalam musik tradisional Aceh, dengan integrasi musik elektronik sebagai upaya memperkuat rasa identitas budaya lokal. Fokus penelitian ini adalah pada vokal tradisional Aceh yang diambil dari genre musik seperti Didong, Saman, dan Seudati, serta bagaimana teknik vokal baru seperti overtone singing dan multiphonics dapat diterapkan tanpa kehilangan esensi budaya lokal. Musik elektronik ditambahkan untuk memperkaya tekstur musik dan memperkenalkan inovasi modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik-teknik baru ini dapat meningkatkan ekspresivitas vokal Aceh, sementara elemen elektronik memberikan sentuhan kontemporer yang tetap mempertahankan nilai-nilai budaya tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan penggunaan teknik-teknik baru dalam vokal Aceh sambil memelihara nilai-nilai budaya tradisional. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan tahapan: pemetaan literatur dan analisis data; eksperimen teknik vokal perluasan; integrasi musik elektronik; serta pengumpulan data dan wawancara seniman.

References

Ardianti, R., Widharta, E. A. (2022). Persepsi Estetika Masyarakat Indonesia Terhadap Karya NFT Populer. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 15(2), 429-443.

Bahang, A. D. J., Dkk. (2025). Peran Musik Kontemporer dalam Pelestarian Budaya Tradisional di Ruteng, Manggarai, Flores, NTT. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(1), 94-103.

Barahama, D., Adriaan, J. T. (2022). Penggunaan Synthesizer Dalam Musik Sasambo. Jurnal Tugas Akhir Resital Program Studi D4 Penyajian Musik, Institut Seni Yogyakarta.

Dwimauly, S., Hermansyah, W. (2023). Analisis Gaya Permainan Biola Gili Karya L. Jaka Pratama. Gestus Journal: Penciptaan dan Pengkajian Seni (GSTS), 3(1), 40-45.

Erlinda, E., Ocktarizka, T., & Denada, B. (2024). Didong sebagai inti vokal Gayo: Studi lapangan vokal Aceh bersama penyanyi Gayo Wiratmadinata dan Peteriana Kobat. Jurnal DESKOVI, 7(1), 98–102.

Hariati, R. P. (2025). Analisis Pengaruh Syair Jalaluddin Rumi Dalam Karya Lagu Chris Martin Coldplay. Skripsi. Prodi Akidah Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin, Universitas Sultan Syarif Kasim Riau.

Haryono, T., Dkk (2014). Pola Kellèghãn dan Teknik Vokal Kèjhungan Representasi Ekspresi Budaya Madura dan Pengalaman Estetiknya. Jurnal Resital, 15(1), 1-17.

Krause, A. E., Davidson, J. W., & North, A. C. (2019). Musical collaboration and social bonding: Synchrony, cooperation, and empathy in social music-making. Frontiers in Psychology, 10(279).

Lesmana, Y. I. (2016). Penerapan Teknik Vokal Fry Pada Lagu Twist and Shout Karya Bert Berns dan Phil Medley Yang Dipopulerkan Oleh The Beatles. Jurnal Tugas Akhir S1 Seni Musik. Program Studi Seni Musik, Jurusan Musik, FSP Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Noorsetya, S. E., Dkk (2024). Pengaruh Kolaborasi Pagelaran Kesenian Musik dan Tari sebagai Bentuk Mengasah Kreativitas bagi Mahasiswa Sendratasik UNNES. Jurnal Kultur, 3(2), 176-188.

Pranata, J. R., Deni, I. F. (2024). Analisis Semiotika Makna Spiritual Pada Lirik Lagu Jiwa Yang Bersedih Karya Ghea Indrawari. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 8(1), 127-140.

Purwacandra, P. P., Nainggolan, O. T. P. (2019). Sampling Suara Instrumen Musik Sebagai Strategi Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembuatan Film Scoring. Jurnal Rekam, 15(1), 61-70.

Putri, A. D. (2021). Penerapan Tematik Nyanyian Mantau ke dalam Bentuk Lagu Dua Bagian “Mantau”. Melayu Arts and Performance Journal, 4(1), 21-30.

Rozak, A., Manalu, N. A. Pratama, H. N. (2023). Kesenian Tulo-Tulo: Instrumentasi dan Bentuk Musik. Grenek: Jurnal Seni Musik, 12(2), 145-158.

Rozak, A., Rahman, S. (2024). Diskografi Musik Berbasis Digital pada Pertunjukan Uroeh Rapai Pasee. Grenek: Jurnal Seni Musik, 13(2), 142-158.

Rozak, A., Dkk. (2024). Variabilitas Ritme Musikal Kesenian Alee Tunjang di Aceh Utara. Jurnal Deskovi: Art and Design Journal, 7(2), 179-188.

Safriadi. (2022). Dayah dan Resolusi Konflik di Aceh (Suatu Kajian Terhadap Penguatan Perdamaian di Aceh). Jurnal Geuthee: Penelitian Multidisplin, 5(2): 148-160.

Sejati, I. R. H., Sunaryo, T. B., & Sunarto, S. (2022). Seni Pertunjukan dan Kreativitas Kelompok Musik Setabuhan Yogyakarta Indonesia. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 23(2), 107-116.

Siddiq, M., & Salama, H. (2021). Nilai Kemanusiaan dalam Lirik Lagu Ahmad Dhani: Sebuah Analisis Wacana Kritis. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, 17(2), 261-278.

Sinurat, T. T. P. N. (2023). Persepsi Gen-Z terhadap Stigma Musik Klasik sebagai Selera Kalangan Atas di Era Digital: Studi Anggota Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (PSM UGM). Jurnal Studi Pemuda, 12(2), 101-115.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharti, E., Siahaan, F. (2023). Penerapan Metode Jolly-Phonic Pada Pelatihan Artikulasi Paduan Suara. Jurnal Awilaras, 10(1), 16-28.

Suryadmaja, G., Saearani, M. F. T. (2025). Studi Estetika Seni Pertunjukan di Era Global. Cantata Deo: Jurnal Musik dan Seni, 3(1), 71-86.

Umar, R., Dkk. (2019). Analisis Statistik Manipulasi Pitch Suara Menggunakan Audio Forensik Untuk Bukti Digital. Jurnal Mobile dan Forensik (MF), 1(1), 1-12.

Widyastitieningrum, S. R. (2023). Pelestarian Budaya Jawa: Inovasi dalam Bentuk Pertunjukan Wayang Orang Sridewi. Jurnal Panggung: Jurnal Seni Budaya, 33(1), 58-71.

Downloads

Published

2025-06-30