Pembelajaran Piano Klasik sebagai Latihan Fokus Anak Penderita ADHD

Authors

  • Luth Indyana Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Indar Sabri Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Autar Abdillah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Welly Suryandoko Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/grenek.v14i1.65490

Keywords:

Piano Klasik, Fokus, ADHD

Abstract

Anak berkebutuhan khusus selalu menarik perhatian dari berbagai pihak antara lain pendidik. ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder meurpakan salah satu penyakit yang menyebabkan penderita sangat sulit untuk memfokuskan dirinya sendiri sehingga mengganggu rangkaian aktivitas dalam kehidupannya sehingga diperlukan penanganan dan pendidikan yang tepat bagi penderita ADHD. Salah satu terapi yang dapat dilakukan untuk mengurangi ADHD adalah dengan bermain piano klasik. Memainkan lagu dengan piano akan membantu penderita ADHD untuk lebih fokus dan mampu memusatkan perhatian secara perlahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi terhadap 5 anak penderita ADHD, wawancara kepada orang tua anak penderita ADHD, psikolog, hingga pengajar piano klasik. Peneliti juga menggunakan studi literatur dari jurnal ilmiah serta buku sebagai pendukung data inti. Hasil yang didapatkan adalah anak penderita ADHD mampu dilatih fokusnya dengan belajar piano klasik jika diberikan metode pengajaran yang tepat, antara lain (1) Metode drill and practice, (2) Metode time out, (3) Games.

References

Angraeni, D. S., & Afifah, A. (2025.). Efektivitas Pembelajaran Kreatif Terhadap Perilaku Adhd Di Paud Fathul Qulub Mandisari. 5(1), 1–11.

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran (Cetakan 1 ed.). Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Carrer, L. R. J. (2015). Music and sound in time processing of children with ADHD. Frontiers in Psychiatry, 6(SEP).

Djohan, S. (2009). Psikologi Musik (Cetakan ke-3 ed.). Yogyakarta: Best Publisher.

Dolğun, Bütev P., & Author, C. (2018). Music Therapy in ADHD and Autism. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS, 23(7), 90.

Hairunnas. (2023). Analisis Fungsi Instrumen Musik Sebagai Produk Terapeutik. In ASKARA (Vol. 2, Issue 1).

Jackson, N. A. (2003). A Survey of Music Therapy Methods and Their Role in the Treatment of Early Elementary School Children with ADHD. In Journal of Music Therapy (4).

Jamey, K., Laflamme, H., Foster, N. E. V., Rigoulot, S., Kotz, S. A., & Bella, S. D. (2024). Can You Beat the Music? Validation of a Gamified Rhythmic Training in Children with ADHD.

Lee, M. W., Yang, N. J., Mok, H. K., Yang, R. C., Chiu, Y. H., & Lin, L. C. (2024). Music and movement therapy improves quality of life and attention and associated electroencephalogram changes in patients with attention-deficit/hyperactivity disorder. Pediatrics and Neonatology.

Lelong, M., Zysset, A., Nievergelt, M., Luder, R., Götz, U., Schulze, C., & Wieber, F. (2021). How effective is fine motor training in children with ADHD? A scoping review. BMC Pediatrics, 21(1).

Madjar, N., Gazoli, R., Manor, I., & Shoval, G. (2020). Contrasting effects of music on reading comprehension in preadolescents with and without ADHD. Psychiatry Research, 291.

Marliana, Luh Putu, N., & Maemunah, N. (2017). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Tingkat Konsentrasi Pada Anak Attention Deficit Hyperactive Disorder (Adhd) Di Yayasan Bhakti Luhur Malang. In Nursing News, 2.

Moratinos, M., Bella-Fernández, M., & Blasco-Fontecilla, H. (2022). Effects of Music on Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) and Potential Application in Serious Video Games: Systematic Review (Preprint).

Mullins, W. D. (2017). A survey of piano teachers whose students have ADHD: Their training, experiences, and best practices.

Nurfitriana, F., Putri, E. R., Sholikhin, G. R., & Widyatno, A. (2019). Penerapan Terapi Musik Dalam Mengatasi Gejala Hiperaktivitas pada Anak Adhd (4), 258–261.

Park, J. I., Lee, I. H., Lee, S. J., Kwon, R. W., Choo, E. A., Nam, H. W., & Lee, J. B. (2023). Effects of music therapy as an alternative treatment on depression in children and adolescents with ADHD by activating serotonin and improving stress coping ability. BMC Complementary Medicine and Therapies, 23(1).

Ramaswamy, M., Philip, J. L., Priya, V., Priyadarshini, S., Ramasamy, M., Jeevitha, G. C., Mathkor, D. M., Haque, S., Dabaghzadeh, F., Bhattacharya, P., & Ahmad, F. (2024). Therapeutic use of music in neurological disorders: A concise narrative review. In Heliyon, 10(6). Elsevier Ltd.

Silitonga, K., Pendidikan, P., Anak, K., Dini, U., Tarutung, I., Sibagariang, R. U., & Herlina, E. S. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penanganan Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3).

Vorster, Gysbertus, J. (2020). The Influence of Music on Concentration in Individuals with ADHD.

Widowati, H., Negeri, S., Ronggo Warsito, S. J., & Tengah, J. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Komputer Akuntansi (Myob Accounting) Dengan Metode Drill And Practice. Dengan Metode Drill and Practice (Herny Widowati) Edudikara, 1(2), 24–33.

Downloads

Published

2025-06-30