Pola Asuh Seniman Sunda dalam Pembentukan Profesionalisme Mahasiswa Musik

Authors

  • Enry Johan Jaohari Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Tri Karyono Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Andrian Purwanto Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/grenek.v14i1.65624

Keywords:

Pola Asuh, Profesionalisme, Nilai Budaya

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran pola asuh dalam keluarga seniman Sunda terhadap pembentukan profesionalisme mahasiswa musik di Program Studi Musik FPSD UPI. Studi kasus pada dua mahasiswa, Wilky Leonady dan Fiqri Hidayatussafar, mengungkap bagaimana nilai-nilai budaya seperti disiplin, etos kerja, tanggung jawab, kreativitas, dan kerja keras yang ditanamkan sejak dini membentuk karakter bermusik yang profesional. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh keluarga seniman Sunda tidak hanya memengaruhi keterampilan bermusik tetapi juga membentuk etos kerja dan kedisiplinan yang tinggi pada mahasiswa. Proses pembelajaran yang berbasis nilai budaya ini memberikan implikasi positif terhadap pengembangan profesionalisme musisi muda. Kesimpulannya, nilai budaya yang kuat dalam pola asuh keluarga seniman Sunda memainkan peran krusial dalam membentuk karakter profesional mahasiswa musik, memberikan wawasan berharga bagi pendidikan musik yang menekankan pada pengembangan keterampilan dan karakter secara seimbang.

References

Allen, P. (2022). Artist Management for the Music Business, Fourth Edition. New York: Routledge.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2022). Ajip Rosidi. Kementerian Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Briguglio, M., & Camilleri, G. (2023). Cultural & Creative Practice Survey 2019 Artist in Malta: Myth to Method. Malta: Arts Council Malta.

Dalimunthe, H. (2024). Rahasia Mengembangkan Growth Mindset. Yogyakarta: K-Media.

Erna, Mustika, D., & Handani, S. S. (2023). Nilai-Nilai Dalam Tradisi Miteumbeuyan Mipit Pare Di Kampung Sukajadi Kabupaten Bandung Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Reseasrch of Social Education, 3(2), 1–16.

Gumilar, S., & Sahidin, A. (2019). Etos Kerja Urang Sunda: Ti Bihari Ka Kiwari. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 16(2), 226–236.

Hidayatuloh, S. (2020). Integration Of Multicultural Values Based On Sundanese Local Wisdom (Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh) In History Learning in the Era of Globalization. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(2), 149.

Karyono, T. (2023). ETNOPEDAGOGI: Warisan Budaya & Seni. Bandung: Mandratama Grafika.

Kuoppamäki, A., & Vilmilä, F. (2024). Young people navigating musical lives: Considering arts participation as agency in cultural authorship. Research Studies in Music Education, 46(2), 202–216.

Maarif, A. S. (2020). Ajip Rosidi tentang Budaya Sunda. Retrived in Kompas-Obituari.

Mahesa, A., Hayati, F., & Hakim, A. (2022). Peran Nilai Budaya Sunda dalam Pola Asuh Orang Tua bagi Penanaman Nilai Moral dan Agama Anak di Kampung Pasirgede Desa Sindangpanon Banjaran. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2), 163–169.

Mocinic, S., & Tatkovic, S. (2021). Using Kolb’s Learning Model in Structured Types of Professional Education and Training for Teachers. Journal of Elementary Education, 14(4), 409–433.

Moon, M. D., Rn, M. S. N., & Faen, C. C. E. N. (2019). Triangulation: A Method to Increase Validity, Reliability, and Legitimation in Clinical Research. Journal of Emergency Nursing, 45(1), 103–105.

Ng, H. H. (2020). Towards a synthesis of formal, non-formal and informal pedagogies in popular music learning. Research Studies in Music Education, 42(1), 56–76.

Nurhadi, Z. F., Salamah, U., & Vidiyanti, T. (2018). Etnografi komunikasi tradisi siraman pada prosesi pernikahan adat Sunda. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 101-118. 101–118.

Palomino, M., Veronica, Y., Vega, D., Armando, J., Elias, G., Humberto, W., Espinoza, M., & Eliazar, H. (2021). El lenguaje en el contexto sociocultural de Lev Vygotskky. Revista Arbitrada Del Centro De Investigación Y Estudios Gerenciales, 51, 25–35.

Santos, S., Ribeiro, M. C., Ulisses, D. E., Pereira, I. A., Maria, S., & Ferreira, S. (2020). The use of multiple triangulations as a validation strategy in a qualitative study. ABRASCO - Associação Brasileira de Saúde Coletiva, 25(2), 655–664.

Sholih, Rosmilawati, I., & Darmawan, D. (2020). Intergenerational Learning: Valuable Learning Experiences for Baduy Youth. International Conference on Science and Education and Technology, 443(Iset 2019), 501–504.

Smela, M. (2021). The Qualitative Comparative Analysis: An Overview of a Causal Complexity Approach. SHS Web of Conferences, 92, 08020.

Sofyan, A. N., Sofianto, K., Sutirman, M., & Suganda, D. (2020). Pembelajaran dan Pelatihan Seni Karinding di Kabupaten Ciamis Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Leluhur Sunda. Dharmakarya, 9(1), 59.

Steven, K., Hartono, H., & Saearani, M. F. T. Bin. (2024). Paradigma dan Isu dalam Pendidikan Seni: Strategi Untuk Pengembangan Pendekatan yang Relevan dan Berkelanjutan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3833–3846.

Sukrin, & Ihlas. (2024). Integrasi Etnopedagogi dan Artificial Intelligence: Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Dan Menengan, 2(1), 1–15.

Susanti, S., & Rachmaniar. (2022). Motif Ber- kasundaan Pelaku Seni Keturunan Tionghoa di Kota Bandung. CARAKA: Indonesia Journal of Communication, 3(1), 43–55.

Tareze, M., Indri Astuti, & Afandi. (2022). Model Pembelajaran Kolaborasi Sdgs dalam Pendidikan Formal Sebagai Pengenalan Isu Global Untuk Meningkatkan Kesadaran Sosial Peserta Didik. Visipena, 13(1), 42–53.

Walzer, D. (2020). Leadership in the creative industries: Addressing an uncertain future. Journal of the Music & Entertainment Industry Educators Association, 20(1), 147-172.

Westerlund, H., & López-Íñiguez, G. (2024). Professional education toward protean careers in music? Bigenerational Finnish composers’ pathways and livelihoods in changing ecosystems. Research Studies in Music Education, 46(1), 66–79.

Wibawa, A. P., Bangsa, P. G., Wahyuni, M., Karnadi, H., Hadi, U., Widyo Harsanto, P., Maharsi, I., Fx Widyatmoko, W., Ariani, A., & Setya Darmawan, Y. (2021). Prosiding Seminar Nasional Desain Komunikasi Visual: Multi Peran Desain Komunikasi Visual dalam Perkembangan Disiplin Ilmu dan Teknologi. Multi Peran Desain Komunikası Visual Dalam Perkembangan Disiplin Ilmu Dan Teknologi, 163.

Williams, C. C. (2020). Why Do Informal Sector Competitors Hinder Formal Entrepreneurs More in Some Countries?. REGEPE Entrepreneurship and Small Business Journal, 9(4), 718–743.

Willment, N., Jones, B., Swords, J., & Brereton, J. (2024). The importance of professional skills within the changing media landscape of the UK screen industries: a case study of the ‘disruptive’ phenomenon of virtual production. Media Practice and Education, 26(1), 1–19.

Wooden, J. (2025). Motivational Quotes Coach John Wooden inspired the best of the best.

Downloads

Published

2025-06-30