Pembelajaran Violin Berbasis Kurikulum Belajar dan Bermain di Komunitas Musik POSS Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.24114/grenek.v14i1.65648Keywords:
Kurikulum, Violin, POSSAbstract
Komunitas musik POSS adalah salah satu komunitas musik di Surabaya yang masih eksis dari dulu hingga saat ini. Jenis penelitian ini adalah deskribtif kualitatif. Kurikulum yang ada pada komunitas ini menarik untuk diteliti. Keunggulan komunitas ini adalah pembelajarannya yang berbasis di lapangan dan interaksi langsung dengan penonton serta menekankan pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kurikulum pembelajaran violin yang ada pada komunitas Musik POSS. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pembelajaran violin dalam komunitas ini menggunakan kurikulum yang fleksibel dan terbuka untuk siapa saja yang mau berkontribusi, dengan catatan pedoman atau patokan adalah teori Suzuki violin book. Pengumpulan data menggunakan beberapa teknik mulai dari observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kemudian dirangkum, kemudian data disajikan.References
Anwar, C. (2017). Teori-teori Pendidikan Klasikm Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSod.
Arikunto. (2009). Manajemen Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dakir. (2004). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi. (2022). Bab II Tesis IAIN Kediri. Kediri: IAIN Kediri Press.
Hermawan, K. (2008). Arti komunitas. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Ibrahim, M. (2014). Hakikat kurikulum dan pembelajaran. Modul Pembelajaran, 1-42.
Jazuli, M. (2008). Pendidikan Seni Budaya Suplemen Pembelajaran Tari. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Mardiah, M., Syahputra, A., Febriani, R. S., Putra, V. P., & Mudasir, M. (2023). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Islam. El-Darisa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1-15.
Mardiana. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran : Evaluasi dan Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dasar, Vol.10 No.2,
Maryam, A. S. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.
Nurdin, S., Kosim, M., Imam Bonjol Padang, U., Mahmud Yunus, J., & Lintah Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Padang, L. (2023). Perencanaan Kurikulum Dan Pembelajaran. Journal on Education, 6(01), 5554-5559.
Pamadhi, H. (2012). Pendidikan Seni (Hakikat, Kurikulum Pendidikan Seni, Habitus Seni dan Pengajaran Seni Untuk Anak. Yogyakarta: UNY Press.
Panggabean, M. S. (2021). Analisis Komparatif Pembelajaran Gitar Klasik Metode Trinity Dan Metode Yamaha. Jurnal Grenek, Vol. 10 No. 2, 27-42.
Ramadan, Ilham, dkk. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Seni Musik: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Kebumen. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.
Saputra, B. J. (2022). Pengelolaan Pembelajaran Musik di LKP Segno Music Course Kediri. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Sitorus, dkk. (2023) Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Menengah Tingkat Atas. Jurnal Pendidikan West Science, Vol. 01 No.6, 328-334.
Tirtarahardja, Umar, S.L. La Sulo. (1990). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Utama, M. A., Rohman, M., Hidayah, N., Andari, A. A., & Sujarwo, A. (2023). Manajeman Tahap Perencanaan Kurikulum di SDN 1 Mulyosari. UNISAN Jurnal, 2(1), 286-295.
Wirawan, J. N., & Djie, J. (2024). Penerapan Latihan Mental untuk Meningkatkan Memorisasi dalam Pembelajaran Piano Klasik pada Mahasiswa Program Studi Musik Universitas Pelita Harapan. Jurnal SENI MUSIK, 14(2), 73-84.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ragil Anggoro Putro, Setyo Yanuartuti, Warih Handayaningrum, Trisakti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Grenek: Jurnal Seni Musik agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)