Pembelajaran Violin Berbasis Kurikulum Belajar dan Bermain di Komunitas Musik POSS Surabaya

Authors

  • Ragil Anggoro Putro Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Setyo Yanuartuti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Trisakti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/grenek.v14i1.65648

Keywords:

Kurikulum, Violin, POSS

Abstract

Komunitas musik POSS adalah salah satu komunitas musik di Surabaya yang masih eksis dari dulu hingga saat ini. Jenis penelitian ini adalah deskribtif kualitatif. Kurikulum yang ada pada komunitas ini menarik untuk diteliti. Keunggulan komunitas ini adalah pembelajarannya yang berbasis di lapangan dan interaksi langsung dengan penonton serta menekankan pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kurikulum pembelajaran violin yang ada pada komunitas Musik POSS. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pembelajaran violin dalam komunitas ini menggunakan kurikulum yang fleksibel dan terbuka untuk siapa saja yang mau berkontribusi, dengan catatan pedoman atau patokan adalah teori Suzuki violin book. Pengumpulan data menggunakan beberapa teknik mulai dari observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kemudian dirangkum, kemudian data disajikan.

References

Anwar, C. (2017). Teori-teori Pendidikan Klasikm Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSod.

Arikunto. (2009). Manajemen Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dakir. (2004). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi. (2022). Bab II Tesis IAIN Kediri. Kediri: IAIN Kediri Press.

Hermawan, K. (2008). Arti komunitas. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Ibrahim, M. (2014). Hakikat kurikulum dan pembelajaran. Modul Pembelajaran, 1-42.

Jazuli, M. (2008). Pendidikan Seni Budaya Suplemen Pembelajaran Tari. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mardiah, M., Syahputra, A., Febriani, R. S., Putra, V. P., & Mudasir, M. (2023). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Islam. El-Darisa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1-15.

Mardiana. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran : Evaluasi dan Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dasar, Vol.10 No.2,

Maryam, A. S. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Nurdin, S., Kosim, M., Imam Bonjol Padang, U., Mahmud Yunus, J., & Lintah Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Padang, L. (2023). Perencanaan Kurikulum Dan Pembelajaran. Journal on Education, 6(01), 5554-5559.

Pamadhi, H. (2012). Pendidikan Seni (Hakikat, Kurikulum Pendidikan Seni, Habitus Seni dan Pengajaran Seni Untuk Anak. Yogyakarta: UNY Press.

Panggabean, M. S. (2021). Analisis Komparatif Pembelajaran Gitar Klasik Metode Trinity Dan Metode Yamaha. Jurnal Grenek, Vol. 10 No. 2, 27-42.

Ramadan, Ilham, dkk. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Seni Musik: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Kebumen. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

Saputra, B. J. (2022). Pengelolaan Pembelajaran Musik di LKP Segno Music Course Kediri. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sitorus, dkk. (2023) Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Menengah Tingkat Atas. Jurnal Pendidikan West Science, Vol. 01 No.6, 328-334.

Tirtarahardja, Umar, S.L. La Sulo. (1990). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Utama, M. A., Rohman, M., Hidayah, N., Andari, A. A., & Sujarwo, A. (2023). Manajeman Tahap Perencanaan Kurikulum di SDN 1 Mulyosari. UNISAN Jurnal, 2(1), 286-295.

Wirawan, J. N., & Djie, J. (2024). Penerapan Latihan Mental untuk Meningkatkan Memorisasi dalam Pembelajaran Piano Klasik pada Mahasiswa Program Studi Musik Universitas Pelita Harapan. Jurnal SENI MUSIK, 14(2), 73-84.

Downloads

Published

2025-06-30