Jejak Kisah Terakhir: Penciptaan Teater Menggunakan Metode Penyutradaraan Lee Strassberg

Rifky Vika Sarandi, Martozet Martozet

Abstract


Dalam menciptakan pertunjukan teater dengan naskah Jejak Kisah Terakhir yang memiliki latar belakang panti jompo yang terdapat di daerah Simpang Empat, Asahan. Sutradara terlebih dahulu melakukan penulisan naskah berdasarkan realita kehidupan yang terdapat di panti jompo. Pertunjukan Jejak Kisah Terakhir memiliki genre satir guna untuk menyempurnakan klimaks dari pertunjukan. Satir menjadi sarana kritik sosial untuk suatu perubahan yang lebih baik, disampaikan dengan cara komedi oleh aktor yang bertujuan untuk mengundang gelak tawa penonton.Dalam penciptaan teater Jejak Kisah Terakhir penulis menggunakan adalah metode penyutradaraan Lee Strasberg, adapun metodenya dibagi menjadi beberapa tahapan seperti; (1) Pelatihan aktor, (2) Pelatihan dramaturgi pertunjukan, (3) Persiapan pertunjukan. Pertunjukan teater ini memiliki tujuan yaitu menjadi penyadaran bagi penonton serta memberikan edukasi kepada setiap orang untuk lebih menghargai dan menyayangi kedua orang tua agar tidak memasukkan mereka kedalam panti jompo. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di panti jompo Simpang Empat,Asahan para orang tua yang terdapat disana sangat merindukan hadirnya sosok keluarga baik itu anak mereka ataupun sanak keluarga yang lain.


Full Text:

PDF

References


Egri, Lajos. (2020). The Art of Dramatic Writing. Kalabuku. Jogjakarta.

Eko, Santoso.(2013). Pengetahuan Teater 1.Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Lila, Cohen.(2010).The Lee Strasberg Notes.USA and Canada.

Martin, Esslin.(2008). Teater Absurd.Mojokerto: Pustaka Banyumili.

M.Ilyas.(2019).Fase Perkembangan Manusia dalam Pendidikan Islam.Jurnal Pendidikan Islam.

Nano Riantiarno.(2011). Kitab Teater. (PT. Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta.

Ramdhani, Intan Sari.(2018). Psikologi Tokoh Utama dalam Naskah Drama Kereta Kencana karya Eugene Ionesco Terjemahan WS Rendra. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2.

Rifandi, Ilham. (2020). Pemeranan Tokoh Joseph Garcin Naskah Lakon Pintu Tertutup. Jurnal Creativity and Research Theatre Journal Vol 2 No.2.

Rifandi, Ilham. (2022). Penciptaan Teater Migrasi Tubuh Menggunakan Metode Penciptaan Teater Tubuh Tony Supartono. Jurnal Cerano Seni Vol 1, No.2.

Yudiaryani.(2002). Panggung Teater Dunia,Pusaka Gondho Suli, Jogjakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jils.v1i1.43044

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 36 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jils.v1i1.43044.g20313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.