Maharajo: Kepemimpinan Rajo Sampono di Nagari Katapiang Kabupaten Padang Pariaman dalam Karya Musik

Rafi Mahaldi, Asep Saepul Haris

Abstract


Karya komposisi musik yang berjudul “Maharajo” merupakan karya komposisi musik yang bersumber dari fenomena sosial, yaitu sistem kepemimpinan Adat Rajo Sampono di Nagari Katapiang Kabupaten Padang Pariaman. Sistem kepemimpinan adat inilah yang akan dijadikan pijakan ke dalam penggarapan karya komposisi musik dengan menginterpretasikan dan mentransformasikan nilai-nilai yang terdapat di dalamnya. Maharajo merupakan judul utama dalam penggarapan karya ini. Maharajo terdiri dari dua kata, yaitu Maha dan Rajo. Maha artinya ahli, paling, tertinggi. Sedangkan Rajo adalah raja, pemimpin, penguasa. Maharajo merupakan gelar penghormatan kepada pemimpin di Minangkabau, gelar tersebut biasanya disematkan kepada penghulu dan datuak. Aspek nilai dari dua paham sistem pemerintahan Adat di Nagari Katapiang akan diwujudkan dalam bentuk dua bagian karya, yaitu Mambasuik Dari Bumi (pemerintahan adat Bodi Caniago), dan Titiak dari ateh (pemerintahan adat Koto Piliang). Komposisi Musik “Maharajo” digarap menggunakan pendekatan Music Epic.


Full Text:

PDF

References


Anas, M. A. (2011). Baandai-Andai dalam Randai. Laporan Karya Seni. Padangpanjang: ISI Padangpanjang.

Arifin, I., & Asril, A. (2019). Komposisi Musik Lareh Nan Bunta: Persilangan Lareh Koto Piliang dan Lareh Bodi Caniago. Melayu Arts and Performance Journal, 1(2), 186-201.

Duverger, Maurice. (2005). Sosiologi Politik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Haris, A.S. (2006). Salaki Ku Rang Sumando Den. Laporan Karya Seni. Surakarta: ISI Surakarta.

Martis. (2014). Mufakek Karambie. Laporan Karya Seni. Padang Panjang. Laporan karya: ISI Padangpanjang.

Perdana, Agung. (2016). Badunie. Laporan Karya Seni. Padangpanjang: ISI Padangpanjang.

Rahardjo, Budi Slamet. (2003). Keberadaan Rajo Sampono Dalam Sistem Kepemimpinan Nagari Katapiang Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi. Jurusan Ilmu Politik FISIP UNAND Padang.

Saputra, R. I. H. (2017). Tabot Bejogi. Laporan Karya Seni. Padangpanjang: ISI Padangpanjang.

Sukerta, Pande Made. (2011). Metode Penyusunan Karya Musik. Surakarta: ISI Press Solo.

Veilham, Jean Claude. (1979). The Rules of Musical Interpretasi in the Baroque Era. Paris: Alphonse Leduc.

Werle, Xavier Derrick. (2014). The Music of World of Warcraft Lore of Epic Music. Disertasi. Universitas Of California Los Angeles.




DOI: https://doi.org/10.24114/ilj.v1i2.49766

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 105 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/ilj.v1i2.49766.g21974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.