Kampung Nelayan sebagai Objek dalam Penciptaan Digital Imaging Surealisme
Abstract
Penciptaan karya manipulasi foto digital imaging surealisme ini terinspirasi dari keindahan perkampungan nelayan yang menampilkan keindahan alam dan sederhana dengan ciri khas tradisional, namun lingkungan permukiman perkampungan nelayan memprihatinkan. kondisi perkampungan nelayan yang kumuh, tidak layak huni dan rawan bencana alam, karena permukiman perkampungan kurang diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah setempat yang jika divisualisasikan dalam pencitraan digital akan menjadi hal yang menarik. Penciptaan ini bertujuan untuk menciptakan visualisasi kampung nelayan yang dilebih-lebihkan agar masyarakat setempat dan pemerintah lebih memperhatikan kondisi yang terjadi di Kampung Nelayan Bahari. Metode yang digunakan dalam penciptaan ini berdasarkan metode penciptaan Gustami yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Eksplorasi, Perancangan dan Realisasi. Proses pencitraan digital surealisme diawali dengan fotografi sudut pemukiman, proses manipulasi digital Retaouching, Combining dan Comforming. Hasil dari penciptaan ini adalah sebuah karya manipulasi foto dengan berbagai ukuran yang bermanfaat sebagai pedoman bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk menjaga lingkungan yang sehat dan indah di masa depan.
Full Text:
PDFReferences
Candra, I. (2008). Koreksi dan Manipulasi Foto Digital Extreme Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Digaharyu. D. (2013). Manipulasi Digital Pada Foto Jurnalistik. Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika.
Daryanto. (1999). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dradjat. R. B. (2010). Filosofi Penghayat Cahaya. Jakarta: Kompas Gramedia.
Dina. S. (2013). Kemiskinan & Nelayan Tradisional Di Kecamatan Medan Belawan Kota Medan. Graduate Student, Economic Department. State University of Medan.
Effendhy.A. (2008). 36 Teknik Pilihan Manipulasi Foto. Jakarta Selatan:
Mediakita
Gustami. (2007). Butir-butir Mutiara Estetika Timur. Yogyakarta: Prasista x
Imron. (2003). Pemberdayaan Masyarakat Nelayan. Media Pressindo: Yogyakarta.
Kusnadi. (2004). Polemik Kemiskinan Nelayan. Bantul : Pondok Edukasi & Pokja Pembaruan.
Kusnadi. (2006) Filosofi Pemberdayaan Pesisir. Bandung : Humaniora.
Pratama. S. (2017). Eksperimen Perancangan Komik Menggunakan Teknik Digital Imaging Dengan Gaya Semi Realistik. Malang: Universitas Negeri Malang.
Ridho. M.D. (2021) Manusia dan Plastik Sebagai Sumber Ide Fotografi Digital Imaging.Malang: Universitas Negeri Malang.
Marianto. M. D. (2001). Surealisme Yogyakarta.Yogyakarta: Rumah Penerbitan Merapi.
Mulyadi. (2005). Ekonomi Kelautan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiarto. A. (2009). Kamus Pintar Fotografi. Jakarta: Erlangga.
Sahman. H. (1993). Mengenali Dunia Seni Rupa. Semarang: IKIP Semarang.
Martono. H. 2010. Mengenal Tata Cahaya Seni Pertunjukan, Yogyakarta: Cipta Media.
Soedjono. (2006). Trilogi Seni: Penciptaan, Estetika, dan Kegunaan Seni. Yogyakarta : BP ISI Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.24114/ilj.v2i1.56530
Article Metrics
Abstract view : 36 timesPDF - 29 times
DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/ilj.v2i1.56530.g23337
Refbacks
- There are currently no refbacks.