PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA N 20 MEDAN T.P. 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar akibat pengaruh model kooperatif tipe group investigation, mengetahui bagaimana sikap dan keterampilan belajar menggunakan model kooperatif tipe GI dan pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen diterapkan model kooperatif tipe GI (X MS 1) dan kelas yang lain sebagai kelas kontrol (X MS 3) diterapkan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe GI lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Model Kooperatif tipe group investigations (GI), Hasil belajar, Suhu dan Kalor
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i2.10097
Article Metrics
Abstract view : 262 timesPDF - 274 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.