PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA SWASTA St. MARIA TARUTUNG T.P 2016/2017

Gloria Nadia Utami Br Panggabean, Jonny H. Panggabean

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X SMA Swasa Santa Maria Tarutung T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X semester genap SMA Swasta Santa Maria Tarutung yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda, kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaan kooperatif tipe GI dan kelas X-2 sebagai kelas kontol dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 15 soal dan diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 71,1 dan kelas kontrol 64,8. Hasil penelitian diperoleh 1,84 > 1,67. Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X SMA Swasta Santa Maria Tarutung T.P 2016/2017.

Kata Kunci : group investigation, hasil belajar, suhu dan kalor


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i2.10103

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.