PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA MATERI POKOK FLUIDA STATIK

Leusi Derisma Sinaga, Mukti Hamjah Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Statik. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan two group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-MIA semester I yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel sebanyak dua kelas dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan kelas XI-MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 37 siswa dan kelas XI-MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa essay sebanyak 12 soal yang telah valid dan lembar observasi mengukur keterampilan proses sains selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 23,51 dan kelas kontrol adalah 23,28. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 59 dan kelas kontrol 47,59. Berdasarkan hasil uji t diperoleh hasil terdapat pengaruh yang signifikan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Statik.

Kata Kunci : inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, Fluida Statik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i2.10105

Article Metrics

Abstract view : 407 times
PDF - 396 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.