PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SEMESTER II SMA N 2 MEDAN T.P. 2016/2017

Linsanita Nababan, Sondang R. Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester genap SMAN 2 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMAN 2 Medan yang berjumlah 14 kelas dan desain penelitian yang digunakan adalah two group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIPA-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas X MIPA-4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 28,67 dan pada kelas kontrol sebesar 28,73. Nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 76,17 dan pada kelas kontrol sebesar 54,23. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji beda menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester genap SMAN 2 Medan T.P. 2016/2017.

Kata Kunci : model problem based learning, usaha dan energi, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i2.10106

Article Metrics

Abstract view : 483 times
PDF - 290 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.