IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KARAKTER SISWA

Hestra Astri Yudika Sinurat, Mariati P. Simanjuntak, Sehat Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model PBL berbantuan simulasi komputer terhadap karakter siswa di SMA Negeri 10 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian quasi experiment dengan desain two group pretest-postest. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X MIA semester II yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 orang dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 orang. Kelas eksperimen diterapkan PBL berbantuan simulasi komputer dan kelas kontrol pembelajaran konvensional. Pengukuran karakter menggunakan lembar observasi dan angket. Pembelajaran dilakukan sebanyak 3 kali dan terjadi peningkatan karakter. Karakter siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata 74,5% dalam kategori tinggi dan kelas kontrol 41,5% dalam kategori sedang.

Kata Kunci: karakter, model problem based learning (PBL), simulasi komputer.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11116

Article Metrics

Abstract view : 372 times
PDF - 382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.