IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KARAKTER SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model PBL berbantuan simulasi komputer terhadap karakter siswa di SMA Negeri 10 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian quasi experiment dengan desain two group pretest-postest. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X MIA semester II yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 orang dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 orang. Kelas eksperimen diterapkan PBL berbantuan simulasi komputer dan kelas kontrol pembelajaran konvensional. Pengukuran karakter menggunakan lembar observasi dan angket. Pembelajaran dilakukan sebanyak 3 kali dan terjadi peningkatan karakter. Karakter siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata 74,5% dalam kategori tinggi dan kelas kontrol 41,5% dalam kategori sedang.
Kata Kunci: karakter, model problem based learning (PBL), simulasi komputer.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11116
Article Metrics
Abstract view : 372 timesPDF - 382 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.